Serba Serbi Hewan: 5 Binatang yang Bisa Menahan Napas Paling Lama

Kompas.com - 14/10/2019, 17:32 WIB
Penyu tempayan (Caretta caretta) bisa menahan napas selama 10 jam di bawah air laut. Penyu tempayan (Caretta caretta) bisa menahan napas selama 10 jam di bawah air laut.

KOMPAS.com - Rata-rata manusia hanya dapat menahan napas selama dua menit, karena kita tercipta memang bukan untuk menahan napas.

Namun, ada banyak hewan di alam ini yang bisa menahan napas dalam durasi cukup lama.

Berikut adalah lima jenis hewan yang mampu menahan napas cukup lama, seperti dilansir How Stuff Works:

Baca juga: Serba Serbi Hewan: Kenapa Tak Ada Hewan yang Punya 3 Kaki?

1. Kura-kura

Kura-kura berhibernasi selama musim dingin. Dalam keadaan ini, mereka bisa menahan napas. Kura-kura berhibernasi selama musim dingin. Dalam keadaan ini, mereka bisa menahan napas.

Kura-kura dapat menghabiskan sepanjang musim dingin di dasar danau beku sambil hibernasi. Mereka tidak menggunakan paru-paru sama sekali.

Rahasia kura-kura dapat menahan napas sangat lama adalah, kura-kura mengambil sedikit dengan menghembuskan napas yang sangat vaskularisasi (istilah teknisnya adalah respirasi kloaka).

Kura-kura merupakan hewan ektoterm atau hewan yang panas tubuhnya berasal dari lingkungan, mereka dapat menyerap panas lingkungan.

Bagi hewan-hewan yang masuk golongan ektoterm seperti invertebrata, ikan, amfibi, dan reptil, cenderung tetap dapat beraktivitas meski tanpa oksigen, dibanding kelompok endoterm seperti mamalia.

2. Penyu

Lain lagi dengan penyu. Hewan yang tinggal di laut ini bisa menahan napas hingga tujum jam. Hal ini dilakukan ketika mereka tidur.

Penyu tempayan (Caretta caretta) mencari makan di bawah air selama 40 menit dalam sekali jalan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X