Kompas.com - 07/10/2019, 18:32 WIB

KOMPAS.com - Hewan di Bumi memiliki jumlah kaki beragam. Ada yang berjalan dengan dua kaki, empat kaki, enam kaki, dan 750 kaki untuk kaki seribu. Namun, kenapa tidak ada hewan berkaki tiga?

Tidak ada hewan yang secara alami memiliki tiga kaki. Padahal, ada beberapa hewan yang mengubah bentuk ke dalam posisi tripod ketika melakukan suatu kegiatan.

Misalnya, ketika meerkat bertengger memantau kondisi lingkungan, mereka akan bertumpu pada kedua kaki dan ekor belakang. Kanguru juga akan menopang diri dengan otot pada ekor ketika makan.

Selain itu ada juga ikan yang dapat membentuk tripod ketika sedang beristirahat. Ikan yang juga dinamai ikan tripod ini menggunakan dua siripnya untuk tegak berdiri di dasar laut, seakan mereka memiliki kaki.

Menariknya, serangga dengan enam kakinya juga selalu berjalan dalam posisi tripod. Tiga kaki disimpan di tanah, dan tiga kaki lain untuk melangkah maju. Metode berjalan ini dikenal sebagai metode tripod alternatif.

Posisi tripod adalah cara yang cukup efektif untuk menyeimbangkan tubuh beberapa hewan. Saat mereka mengubah posisi menjadi tripod, hewan-hewan itu tidak mengeluarkan energi ekstra.

Lantas, kenapa hewan tidak pernah berevolusi memiliki kaki tiga secara alami?

Baca juga: Serba-serbi Hewan: Warna Jerapah Tak Mencerminkan Usia, tapi Dominasi

Dalam sebuah artikel yang terbit di jurnal BioEssays, Tracy Thomson, seorang mahasiswa pascasarjana dari Universitas California, Davis, membahas teka-teki tersebut.

"Jika kita mencoba memahami evolusi sebagai proses, kita perlu memahami mana yang bisa dan tidak bisa dilakukan. Hampir semua hewan bilateral," ungkap Thomson seperti dilansir IFL Science, Kamis (3/10/2019).

Hewan bilateral artinya, sebagian besar spesies memiliki dua sisi simetris.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.