Paska Penusukan Wiranto, Ini Kata Psikolog Untuk Menjaga Psikologis Anak

Kompas.com - 11/10/2019, 13:05 WIB
Ilustrasi pelaku penusukan. THINKSTOCKPHOTOSIlustrasi pelaku penusukan.

KOMPAS.com - Penusukan yang terjadi pada Menkopolhukam Wiranto disaksikan oleh anak-anak yang berada di sekelilingnya. Hal itu terlihat jelas lewat video yang beredar di kalangan warganet.

Terkait kesaksian anak-anak itu, kekhawatiran terhadap perilaku atau kondisi psikologis anak juga perlu diwaspadai. Ini karena anak-anak suka meniru adegan yang menarik untuk mereka.

Dinyatakan oleh Psikolog Anak dari Pion Clinician, Astrid W.E.N, karena melihat adegan kekerasan fisik yang mengancam nyawa itu, anak-anak bisa jadi ada yang trauma dan tidak.

"Anak-anak yang tidak trauma, saya pikir juga tidak akan menganggap hal tersebut sebagai bercandaan," kata Astrid.

Baca juga: Wiranto Diserang, Kenapa Sebagian Komentar Publik Justru Tak Simpatik?

Menurut Astrid, jika dilihat dari video yang beredar, emosi yang tertangkap pada kebanyakan anak-anak saat kejadian tersebut yakni rasa ingin tahu, khawatir, dan ingin membantu atau turut campur.

Oleh sebab itulah butuh Anda pahami kondisi anak Anda paska kejadian dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan terbuka.

Perlu diperhatikan

Hal pertama yang bisa dilakukan yaitu mengecek kondisi anak Anda terlebih dahulu saat anak Anda datang dan mendekat kepada Anda.

"Saat dia datang, kita bisa menanyakan pertanyaan-pertanyaan terbuka kepadanya. Kita mencari tahu cerita dari sudut pandangnya, kondisi emosinya, dan pikirannya. Diskusi-diskusi dimulai dari cerita yang diketahui anak," ujar dia.

Setelah pertanyaan-pertanyaan pembuka itu Anda utarakan, pada saat yang sama juga Anda akan mengetahui apa yang sedang dialami dan dirasakan oleh anak.

Baca juga: Anak Nonton Wiranto Diserang, Psikolog Sarankan Orangtua Tanya Hal Ini

Sebagai contoh, jika anak bercerita kemudian gerak-geriknya menjadi cemas, mengkhawatirkan keamanan korban, dan berita terkini mengenai pelaku.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X