Kasus Irish Bella, Twin to Twin Transfusion Syndrome Kerap Dialami Janin Kembar

Kompas.com - 08/10/2019, 16:32 WIB
Irish Bella dan Amar Zoni di kawasan Puri Kembangan, Jakarta Barat, Minggu (15/9/2019). KOMPAS.com/ANDIKA ADITIAIrish Bella dan Amar Zoni di kawasan Puri Kembangan, Jakarta Barat, Minggu (15/9/2019).

KOMPAS.com - Pasangan artis peran Irish Bella dan Ammar masih diselimuti duka setilah janin kembar yang memasuki usia 6 bulan kandungan meninggal dunia.

Menurut dokter yang menangani Irish Bella, pemain sinetron itu mengalami Mirror Syndrome yang berawal saat bayi dalam kandungan mengalami kondisi Twin to Twin Transfusion Syndrome (TTTS).

Untuk memahami apa itu mirror syndrome dan TTTS, Kompas.com menghubungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan dr Budi Wiweko, SpOG (K), MPH.

Dokter Budi mengaku tak mengetahui banyak tentang mirror syndrome. Namun untuk TTTS, sindrom ini memang kerap dialami ibu hamil dengan janin kembar.

Baca juga: Mirror Syndrome yang Dialami Irish Bella Disebut Langka

"Saya enggak terlalu paham juga mirror syndrome itu termasuk golongan apa, apakah itu karena kelainan kromosom, genetik, atau kelainan sirkulasi darah dari plasenta ke janin," ungkap Budi dihubungi Kompas.com, Rabu (8/10/2019).

Budi menjelaskan, pada kasus bayi-bayi kembar yang sering terjadi adalah TTTS.

Twin to Twin Transfusion Syndrome (TTTS) merupakan gangguan aliran darah dari plasenta ke janin.

Seringkali dalam janin kembar, salah satu janin berukuran lebih besar dibanding janin lain.

" Janin yang kecil ini menjadi donor (darah) bagi janin yang lain. Sehingga (janin) yang kecil bisa meninggal, yang besar juga bisa meninggal," jelas Budi yang juga merupakan Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI).

Seperti dijelaskan Budi, TTTS menyebabkan salah satu bayi menerima lebih banyak aliran darah, sedang bayi pendonor mendapat aliran darah sangat sedikit.

"Kalau mirror syndrome saya kurang tahu apakah ini kelainan genetik atau tidak. Tapi umumnya pada kehamilan kembar yang sering terjadi adalah TTTS," jelas dia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X