Studi: Manusia Merusak Siklus Karbon Bumi Lebih Parah dari Asteroid

Kompas.com - 03/10/2019, 10:32 WIB
ilustrasi bumi ilustrasi bumi

KOMPAS.com - Sejak 1750, keberadaan umat manusia telah mengganggu siklus karbon bumi lebih parah dari gangguan yang disebabkan oleh bencana alam.

Penelitian terbaru menunjukkan efek jangka panjang dari hal tersebut. Mulai dari pemanasan global di luar kendali, lautan yang berubah menjadi asam, hingga kepunahan massal sangat mungkin terjadi di masa depan.

Penemuan yang mengejutkan ini telah ditulis oleh beberapa tim peneliti dari Deep Carbon Observatory (DCO) dalam jurnal Elements.

Dilansir Science Alert, DCO merupakan perkumpulan global yang dinaungi 1.000 ilmuwan yang mempelajari karbon bumi yang bergerak dari inti planet ke antariksa.

Baca juga: Terobosan Besar, Ilmuwan Kembalikan Karbon Dioksida Jadi Batu Bara

Dalam edisi khusus jurnal tersebut, para ilmuwan DCO mencermati apa yang mereka sebut "gangguan" terhadap siklus karbon Bumi selama 500 juta tahun terakhir.

Pada periode tersebut, siklus karbon bumi relatif stabil. Gas karbon (seperti karbondioksida dan karbonmonoksida), dipompa ke atmosfer melalui gunung berapi dan ventilasi bawah tanah kurang lebih seimbang dengan karbon yang tenggelam pada inti bumi di batas lempeng tektonik.

Keseimbangan ini menghasilkan udara bersih dan iklim yang ramah pada tanah dan lautan yang menghasilkan keanekaragaman hayati.

Namun, peristiwa yang terus terjadi selama ratusan tahun itu juga dapat merusak iklim, menghasilkan kehancuran, efek rumah kaca dan mengakibatkan kepunahan yang masif.

Dalam makalah baru, para peneliti mengidentifikasi empat gangguan seperti itu, termasuk beberapa letusan gunung berapi raksasa dan kedatangan asteroid pembunuh dinosaurus terkenal yang melanda planet ini sekitar 66 juta tahun yang lalu.

Para peneliti berpendapat, peristiwa “gangguan” ini semestinya dapat menjadi sebuah antisipasi bagi kita untuk lebih peka terhadap bencana.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X