BMKG: Beberapa Wilayah Indonesia Diprediksi Hujan, Berikut Daftarnya

Kompas.com - 01/10/2019, 12:24 WIB
Ilustrasi hujan kulkannIlustrasi hujan

KOMPAS.com - Hasil pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) pada Kamis (26/9/2019) menunjukkan kondisi atmosfer terkini di Indonesia.

Kepala Bidang Meteorologi BMKG R. Mulyono Rahadi Prabowo mengatakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan ini berkaitan dengan potensi hujan sepekan ke depan.

Pertama, tekanan udara di wilayah Indonesia umumnya berkisar dari 1.012 sampai 1.014 hPa.

Kedua, terpantau adanya tropical depression di sekitar Lautan Pasifik timur Laut Papua dengan pusat tekanan 1.008 hPa bergerak ke arah barat dengan kecepatan maksimal 30 knot.

Baca juga: BMKG: Jabodetabek Masih Musim Kemarau, Hujan Hanya Sementara

Ketiga, muncul sirkulasi siklonik di sekitar Papua Barat bagian utara.

"Daerah pertumbuhan awan hujan akibat pertemuan dan belokan angin berada di Aceh, Kepulauan Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua," kata Mulyono.

Mulyono juga mengatakan, suhu permukaan laut umumnya berkisar 26-32 derajat celsius dengan anomali suhu muka laut (+1 derajat celsius - +3 derajat celsius) positif berada di Selat Malaka, Laut China Selatan, Laut Natuna Utara, Selat Makassar, Teluk Tomini, Laut Sulawesi, Teluk Cendrawasih, dan Samudra Pasifik Utara Papua.

Dari pantauan tersebut, Mulyono berkata secara umum hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Papua, dan Papua Barat.

Rincian prakiraan cuaca di Indonesia

Berikut rincian prakiraan cuaca wilayah Indonesia dalam sepekan ke depan, berlaku mulai 27 September hingga 3 Oktober 2019.

Sumatera

Pada umumnya wilayah Pulau Sumatera akan mengalami cuaca cerah berawan hingga hujan ringan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X