Punya Segudang Manfaat, Kenali 5 Jenis Kacang dan Kandungannya

Kompas.com - 01/10/2019, 08:03 WIB
Ilustrasi selai kacang Ilustrasi selai kacang

KOMPAS.com - Kacang-kacangan mungkin menjadi salah satu makanan yang paling sering dihindari untuk dimakan, karena adanya mitos yang menungkap makan kacang bikin jerawatan.

Hingga saat ini sebetulnya gagasan kacang bikin jerawatan masih menjadi perdebatan para ahli. Namun, penelitian yang dilakukan American Academy of Dermatology dan the Journal of American Medical Association menunjukkan, kacang tidak menimbulkan jerawat.

Mitos yang beredar, kacang bikin jerawatan karena kandungan lemaknya. Padahal faktanya, lemak yang banyak terkandung dalama kacang adalah lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh adalah jenis lemak baik yang justru punya manfaat baik buat kesehatan.

Namun, jika Anda makan kacang goreng, kadar lemak jenuhnya tentu akan melesat naik dan hal inilah yang memicu masalah kulit seperti jerawat.

Terlepas dari mitos kacang bikin jerawatan, para ahli justru berpendapat makanan satu ini sangat baik untuk tubuh. Berikut beberapa di antaranya seperti dilansir Mother Nature Network (24/9/2019).

Baca juga: Sains Diet, Makan Selai Kacang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Segudang manfaat kacang

Bebas gluten

Kacang-kacangan secara alami bebas gluten. Gluten merupakan protein yang ditemukan di tepung dan beberapa jenis gandum.

Makanan yang tertulis "gluten free" dikhususkan untuk orang-orang yang intoleran terhadap gluten. Orang-orang yang mengalami intoleransi gluten akan menghasilkan respon kekebalan tubuh yang abnormal saat gluten dicerna tubuh.

Hal yang paling sering dialami oleh orang yang intoleran terhadap gluten adalah penyakit celiac, yang merupakan reaksi negatif pada sistem pencernaan akibat mengonsumsi gluten.

Beberapa gejala yang akan dialami penderita celiac saat mengonsumsi gluten di antaranya adalah diare, kram perut, kembung, gas, sembelit, dan anemia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X