Anda Mencuci Baju Menggunakan Mesin? Waspadai Bakteri Ini

Kompas.com - 30/09/2019, 20:08 WIB
Mesin cuci. ThinkstockMesin cuci.

KOMPAS.com - Apakah Anda termasuk orang yang mencuci pakaian menggunakan mesin cuci? Perlu Anda ketahui, penelitian terbaru menemukan bahwa mesin cuci mengandung bakteri yang resisten terhadap obat.

Bakteri yang resisten terhadap obat tersebut dapat menimbulkan berbagai risiko bagi orang memiliki kondisi tubuh rentan sakit.

Para peneliti menemukan kasus menarik mengenai mesin cuci dikaitkan dengan penyebaran bakteri yang resisten terhadap obat pada bayi baru lahir di rumah sakit di Jerman.

Mengutip Live Science, Sabtu (29/9/2019), ini merupakan kasus pertama yang dilaporkan dari mesin cuci rumah sakit yang menyebarkan patogen berbahaya kepada pasien.

Baca juga: Hati-hati, Mesin Cuci Bisa Jadi Sarana Penularan Flu

Dokter senior di Institut for Hygiene and Public Health, University Hospital Bonn di Jerman, Dr Ricarda Schmithausen mengatakan bahwa kasus ini sangat tidak biasa.

Rumah sakit seharusnya menggunakan mesin cuci industri yang biasanya digunakan dalam pengaturan perawatan kesehatan, bukan menggunakan jenis mesin cuci rumah tangga biasa. Hal ini memberikan kesadaran para peneliti untuk mencari tahu apa pengaruh yang terjadi dengan mesin cuci rumah tangga biasa.

Para peneliti meyakini hal tersebut ialah implikasi dari mesin cuci rumah tangga, karena daya hemat energi yang akan menurunkan suhu air pada mesin cuci lebih rendah. Hal itulah yang memungkinkan patogen atau bakteri resisten tidak terbunuh menyeluruh.

Bakteri ditemukan di kulit bayi

Dalam kasus saat ini seperti dijelaskan dalam jurnal Applied and Enviromental Microbiology, dokter di rumah sakit Jerman memperhatikan bahwa bayi baru lahir di sana terus dilakukan tes guna mengetahui jenis bakterinya.

Hasilnya, diketahui jenis bakteri resisten obat tersebut dikenal sebagai Klebsiella oxytoca (K. oxytoca).

Bakteri ini diketahui menyebabkan infeksi serius di rangkaian perawatan kesehatan, seperti di panti jompo dan unit perawatan intensif.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X