Punya Waktu Olahraga Hanya Saat Weekend, Efektif atau Tidak?

Kompas.com - 28/09/2019, 19:33 WIB
Ilustrasi Olahraga SHUTTERSTOCKIlustrasi Olahraga

KOMPAS.com - Para ahli menganjurkan untuk rutin berolahraga setiap hari. Namun bagaimana jika kita hanya bisa berolahraga di akhir pekan karena padatnya aktivitas sehari-hari?

Jika Anda termasuk salah satu orang yang merasakan hal serupa, mungkin Anda pernah bertanya-tanya 'apakah olahraga di akhir pekan saja, sama efeknya dengan olahraga setiap hari?

Menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC) AS, olahraga yang rutin dilakukan akan menurunkan risiko berbagai penyakit degeneratif, seperti diabetes mellitus, penyakit jantung koroner, stroke, dan berbagai penyakit kronis lainnya.

Namun, sebuah penelitian telah membuktikan bahwa melakukan olahraga hanya di akhir pekan juga bisa menurunkan semua risiko tersebut.

Baca juga: Ke Mana Perginya Lemak yang Terbakar Saat Olahraga?

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Internal Medicine ini, meneliti tentang seberapa efektif durasi olahraga untuk mencegah semua serangan penyakit kronis.

Kemudian para peneliti mengajak sebanyak 64 ribu orang dewasa untuk menjadi partisipan dalam penelitian ini.

Penelitian yang dilakukan selama 18 tahun oleh para ahli dari University of Sydney dan Loughborough University ini meminta partisipan untuk mengisi kuesioner yang berisi tentang kapan saja mereka berolahraga dan jenis olahraga apa yang sering dilakukan.

Hasilnya, kelompok orang yang melakukan olahraga di akhir pekan saja memiliki peluang 41 persen lebih rendah untuk mengalami berbagai penyakit jantung, jika dibandingkan dengan kelompok orang yang tidak melakukan aktivitas fisik dan mempunyai gaya hidup sedentari.

Selain itu, risiko penyakit kanker juga menurun hingga 18 persen pada orang yang melakukan olahraga di akhir pekan – atau menghabiskan satu atau dua harinya – daripada orang yang tidak aktif.

Boleh berolahraga saat weekend, tapi...

Sebenarnya, sesuai dengan anjuran World Health Organization (WHO) dan Kementerian Kesehatan RI, aktivitas fisik harus dilakukan oleh orang dewasa (19 -64 tahun) sebanyak 30 menit per hari dan dilakukan setidaknya 5 hari dalam satu minggu, dengan intensitas olahraga yang sedang.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X