Cacing Berjenis Kelamin Tiga Ditemukan di Danau Beracun AS

Kompas.com - 27/09/2019, 20:05 WIB
Cacing berjenis kelamin tiga ditemukan di Mono Lake, California CALTECH/SCIENCE ALERTCacing berjenis kelamin tiga ditemukan di Mono Lake, California

KOMPAS.com – Mono Lake di California, AS, merupakan salah satu tempat paling mustahil untuk habitat mahuk hidup. Danau ini memiliki level racun arsenik yang sangat tinggi.

Selain bakteri dan ganggang, danau ini hanya dihuni oleh udang jenis tertentu. Namun baru-baru ini, para peneliti dari California Insitute of Technology menemukan delapan spesies cacing mikroskopik di danau tersebut. Salah satu spesiesnya memiliki spesifikasi sangat unik.

Cacing mikroskopik yang dinamakan Auanema sp. itu tak hanya memiliki satu atau dua jenis kelamin, melainkan tiga. Biasanya cacing hanya terbagi menjadi dua jenis kelamin yaitu hermaphrodit atau jantan. Namun, Auanema sp. juga memiliki jenis kelamin perempuan selain dua yang disebutkan sebelumnya.