Ahli Skotlandia Temukan Spesies Baru Cacing Laut, Punya Mata di Pantat

Kompas.com - 20/06/2019, 16:32 WIB
Ampharete oculicirrata, spesies cacing laut dari Skotlandia ini memiliki mata di pantat untuk mengintai keberadaan predator. Ampharete oculicirrata, spesies cacing laut dari Skotlandia ini memiliki mata di pantat untuk mengintai keberadaan predator.


KOMPAS.com - Spesies cacing laut baru asal Skotlandia ini terbilang unik karena dia memiliki mata di pantat.

Spesies cacing laut asal Skotlandia ini dinamai Ampharete oculicirrata. Nama belakangnya merujuk pada sepasang mata hitam alias oculi pada pantat cacing.

Dalam laporan yang terbit di European Journal of Taxonomy edisi Juni 2019, cacing ini ditemukan saat para ahli sedang mengumpulkan sampel dasar laut berpasir di daerah Laut Shetland Self Barat, di utara Skotlandia. Kawasan ini juga merupakan area dengan kelimpahan keanekaragaman hayati yang belum dimanfaatkan.

Baca juga: Seorang Remaja India Meninggal karena Invasi Cacing Pita di Otak

Dari pasir yang diambil dari kedalaman 120 meter di bawah permukaan air, tim ahli menemukan lebih dari 80 spesimen cacing. Masing-masing berukuran sekitar 4 sampai 5 milimeter.

Seperti polychaetes lainnya (kelas cacing laut tersegmentasi), A. oculicirrata adalah pengumpan terbawah yang memiliki tentakel untuk mengisap makanan dekat mulutnya.

Namun, apa kegunaan mata di pantat?

Menurut ahli, bukan hal aneh bagi polychaetes memiliki beberapa pasang mata di sekujur tubuh. Jaringan visual ini akan membantu cacing laut dalam mendeteksi bayangan ikan predator yang mendekat.

Namun, mata seperti A. oculicirrata relatif jarang dimiliki kerabat dekatnya.

Melansir Live Science, Rabu (19/6/2019), perwakilan Komite Konservasi Alam, sebuah kelompok konservasi UK yang sebagian membiayai penelitian ini mengatakan, penemuan cacing aneh yang begitu dekat dengan daratan Skotlandia adalah bukti lebih lanjut tentang beragam kehidupan yang bersembunyi di habitat berpasir di Shelf Land Shelfland.

Baca juga: 100 Telur Cacing Pita Bersarang di Otak Gadis Ini

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X