Tepat Tengah Malam, Rangkaian Denyut Magnetik Terdengar di Mars

Kompas.com - 23/09/2019, 16:19 WIB
Planet Mars. Google ImagePlanet Mars.

KOMPAS.com – Insight Lander, robot milik NASA yang bertugas di Planet Mars, baru-baru ini menangkap fenomena tidak biasa. Rangkaian denyut magnetik terdengar di Mars, tepat pada tengah malam.

Fenomena ini menimbulkan misteri di kalangan para peneliti. Penyebabnya belum diketahui. Para ilmuwan kini tengah meneliti apakah suara tersebut berasal dari permukaan atau bawah tanah Mars.

Mengutip situs Big Think, Senin (23/9/2019), hal yang tidak biasa pada denyut magnetik ini adalah momennya yang sama dengan fenomena tidak biasa di Bumi seperti Aurora borealis.

Sementara itu, analisis para peneliti saat ini adalah adanya hubungan magnetik yang dihasilkan oleh Planet Mars terhadap Insight Lander yang mendarat di permukaannya.