Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tepat Tengah Malam, Rangkaian Denyut Magnetik Terdengar di Mars

KOMPAS.com – Insight Lander, robot milik NASA yang bertugas di Planet Mars, baru-baru ini menangkap fenomena tidak biasa. Rangkaian denyut magnetik terdengar di Mars, tepat pada tengah malam.

Fenomena ini menimbulkan misteri di kalangan para peneliti. Penyebabnya belum diketahui. Para ilmuwan kini tengah meneliti apakah suara tersebut berasal dari permukaan atau bawah tanah Mars.

Mengutip situs Big Think, Senin (23/9/2019), hal yang tidak biasa pada denyut magnetik ini adalah momennya yang sama dengan fenomena tidak biasa di Bumi seperti Aurora borealis.

Sementara itu, analisis para peneliti saat ini adalah adanya hubungan magnetik yang dihasilkan oleh Planet Mars terhadap Insight Lander yang mendarat di permukaannya.

Meski begitu, para ilmuwan di NASA tengah mengkaji penemuan ini lebih dalam dengan menerbangkan satelit MAVEN di angkasa Planet Mars.

Informasi ini dipresentasikan dalam European Planetery Science Congress and the American Astronomy Society di Jenewa, Swiss, pada 15-20 September 2019.

Insight Lander telah mendarat di Mars sejak November 2018. Beberapa informasi yang telah dikumpulkan antara lain temperature pada permukaan, suara gempa bumi dari perut Planet Mars, dan pengukuran ladang magnetik di pulau tersebut.

Data dari Insight Lander menemukan bahwa permukaan Planet Mars memiliki ladang magnetik yang sangat besar, 10 kali lebih besar dibanding Bumi.

Hal ini membuktikan bahwa Mars pada masa lampau pernah memiliki ladang magnet yang mumpuni untuk kehidupan. Radiasi dipercaya mengubah planet merah tersebut seperti sekarang.

https://sains.kompas.com/read/2019/09/23/161913423/tepat-tengah-malam-rangkaian-denyut-magnetik-terdengar-di-mars

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke