Robot Curiosity Potret Gumpalan Putih di Mars, Tanda Alien?

Kompas.com - 23/06/2019, 19:01 WIB
Foto tangkapan robot Curiosity Foto tangkapan robot Curiosity

KOMPAS.com - Robot penjelajah Mars milik Badan Antariksa AS ( NASA), Curiosity, kembali memotret hal tak terduga dari planet merah.

Kali ini, Curiosity mengabadikan sebuah foto berwarna hitam putih yang menunjukkan lanskap gurun berlatar belakang bukit berbatu yang tinggi. Namun jika diperhatikan dengan jelas, ada sesuatu yang tak biasa dalam foto itu.

Foto itu menunjukkan gumpalan putih yang seolah terbang di antara bukit berbatu Mars. Gambar tersebut menunjukkan stempel waktu 16 Juni 2019 lalu.

Gambar tak biasa ini segera memicu berbagai spekulasi di antara orang yang mempercayai kehidupan alien.

Baca juga: Dua Fenomena Gerhana Matahari di Mars Diabadikan Robot Curiosity

Beberapa orang bahkan mengklaim bahwa gumpalan putih itu adalah bukti konklusif kehidupan alien di Mars.

Meski begitu, teori ini segera ditampik oleh pihak NASA.

"Dalam ribuan gambar yang kami terima dari Curiosity, kami melihat bintik-bintik cerah hampir setiap minggu," ungkap Justin Maki, pemimpin tim NASA yang mengoperasikan kamera Curiosity dikutip dari Express.co.uk, Sabtu (22/06/2019).

"Ini bisa disebabkan oleh tabrakan sinar kosmik atau sinar matahari yang memantul dari permukaan batuan, sebagai penjelasan yang paling mungkin," imbuhnya.

Ini memang bukan pertama kalinya Curiosity memotret anomali di planet merah. Titik terang lain yang pernah diabadikan robot penjelajah itu menjadi berita utama pada 2014 silam.

Sayangnya, tidak ada penjelasan lebih rinci mengenai gumpalan putih tersebut. Pasalnya, kilatan cahaya gumpalan putih itu sangat cepat dan menjadi fenomena tidak dikenal.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X