Halo Prof! Sudah Minum Obat GERD, Kok Mual Tidak Hilang-hilang?

Kompas.com - 28/08/2019, 09:07 WIB
dr. Hasan Maulahela, Sp. PD-KGEH
Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Gastroenterologi Hepatologi
RS Pondok Indah ? Pondok Indah RS Pondok Indahdr. Hasan Maulahela, Sp. PD-KGEH Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Gastroenterologi Hepatologi RS Pondok Indah ? Pondok Indah

KOMPAS.com - Gastroesophageal Reflux Disease atau GERD adalah penyakit yang gampang-gampang susah untuk ditangani. Kesulitan mengontrol GERD juga dialami oleh seorang pembaca Kompas.com bernama Jordie Victor. Dia pun mengirimkan pertanyaannya ke Halo Prof!:

"Saya ingin tanya, saya sudah sakit GERD satu tahun enam bulan. Yang saya rasakan paling menggangu adalah mual yang muncul setiap saat hingga mengganggu nafsu makan saya. Obat-obatan dan jaga makan sudah saya lakukan, tetapi rasa mual ini tidak hilang-hilang."

"Ini kenapa ya, Dok, rasa mualnya tidak hilang? Mual tidak muncul pada pagi atau siang atau malam saja tapi setiap saat sepanjang hari. Mohon bantuannya, Dok."

Pertanyaan tersebut dijawab oleh dr. Hasan Maulahela, Sp. PD-KGEH, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Gastroenterologi Hepatologi dari RS Pondok Indah – Pondok Indah. Berikut paparannya:

Baca juga: Halo Prof! Mitos atau Fakta, Buah Salak Bikin Sembelit?

Halo Bapak Jordie, terima kasih atas pertanyaannya.

GERD (gastroesophageal Reflux Disease) terjadi ketika ada refluks atau aliran balik dari isi lambung ke kerongkongan yang bisa mengakibatkan ulu hati terasa penuh dan ngilu atau sakit. GERD juga dapat menyebabkan kesulitan bernapas.

Untuk mengurangi rasa sakit GERD yang sudah Bapak lakukan dengan meminum obat secara teratur dan jaga makan sudah tepat. Jangan lupa juga untuk hidup sehat dan mengurangi beban pikiran.

Namun, apabila Bapak juga mengalami rasa mual, mungkin ada pencetus lain di samping GERD. Mual dapat disebabkan oleh berbagai sebab, misalnya rangsangan dari makanan, infeksi, peradangan lambung, atau tingginya produksi asam lambung.

Kemungkinan besar yang dialami Bapak bukan hanya GERD, namun ada yang lain, misalnya gastritis. Peradangan di lambung atau yang disebut dengan gastritis menyebabkan pergerakan makanan menjadi lambat sehingga menyebabkan mual dan rasa begah. Gastritis ini bisa disebabkan oleh infeksi kuman (misalnya kuman H.pylori).

Baca juga: Halo Prof! Kenapa Rambut Rontok Terus Padahal Masih Muda?

Apabila gejala mual terjadi terus menerus walaupun sudah minum obat, sebaiknya Bapak konsultasikan kondisi Bapak dengan dokter terdekat atau bisa mengunjungi dokter spesialis penyakit dalam konsultan gastroenterologi hepatologi agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X