Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Limbah Elektronik di Indonesia, dari Bahaya sampai Solusinya

Kompas.com - 14/09/2019, 20:02 WIB
Ellyvon Pranita,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setiap rumah pasti memiliki barang elektronik. Ada yang bisa dibawa ke mana-mana seperti ponsel dan gadget lain, tetapi ada juga barang elektronik yang mengisi dan tersimpan di rumah, seperti televisi, kulkas, mesin cuci dan lainnya.

Ketika barang-barang ini mengalami kerusakan dan tidak bisa diperbaiki, apa yang biasanya Anda lakukan?

Jika Anda membuangnya, perhatikan cara yang tepat untuk membuangnya. Sebab, barang elektronik rusak yang menjadi sampah atau limbah elektronik (E-Waste) ternyata berbahaya bagi masyarakat.

Beberapa komponen peralatan listrik dan elektronik bekas maupun limbahnya membutuhkan pengelolaan yang memenuhi syarat, karena mengandung bahan berbahaya dan beracun (B3).

Setiap E-Waste selalu mengandung bahan beracun seperti komponen logam berat, yaitu merkuri, timbal, kromium, kadmium, arsenik, dan lainnya.

Baca juga: Mengkhawatirkan, Limbah Elektronik Dunia Capai 9 Piramida Giza

Selain itu, juga terdapat PVC dan senyawa berbahaya polybrominated diphennylethers (PBDE) yang biasanya digunakan untuk mengurangi tingkat panas pada bagian produk elektronik, seperti komponen konektor, kabel, dan plastik penutup TV atau komputer.

Ketua Yayasan Peduli Sampah Elektronik Indonesia, Farah Diba, bersama Rafa Jafar membuat titik pengumpulan sampah elektronik dengan dropzone E-Waste RJ di 13 kota Indonesia, termasuk Jakarta, Depok, Bogor, Surabaya, Bekasi, Yogyakarta, Salatiga, Tuban, Palembang dan Makassar.

"Ide dropzone ini ide anak saya dari tugas sekolah dasarnya dulu, lalu diaplikasikan ke buku. Kemudian dibentuklah komunitas dan sekarang jadi yayasan. Tujuannya yang utama jelasnya sih untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pengelolaan sampah elektronik," kata Farah di Jakarta, Jumat (13/9/2019).

"Sering dianggap sepele sih sampah elektronik ini, tapi bahayanya itu loh ke kita banget," ujarnya lagi.

Beragam bahaya komponen E-Waste

Buku karya Rafa Jafar, penggiat lingkungan muda yang juga inisiator dropzone E-Waste RJ, yang berjudul E-Waste pada tahun 2015 memaparkan bahaya dari komponen-komponen E-Waste.

Pertama, ada logam merkuri dapat meracuni manusia dan merusak sistem saraf otak, serta bisa pula menyebabkan cacat bawaan.

Lalu, ada timbal yang dapat mengganggu sistem peredaran darah, ginjal, perkembangan otak anak dan juga merusak sistem saraf. Bahkan di lingkungan, timbal juga dapat meracuni tanaman, hewan, dan mikroorganisme.

Selanjutnya, kromium dapat terserap ke dalam sel sehingga mengakibatkan berbagai efek racun, alergi dan kerusakan DNA.

Kadmium juga menjadi salah satu yang terdapat dalam sampah elektronik atau E-Waste. Logam ini bisa merusak ginjal karena masuk ke tubuh melalui respirasi dan makanan.

Baca juga: Bakteri Ini Ubah Limbah Elektronik Jadi Tambang Emas Murni

Selain itu, ada PBDE yang sangat berkemungkinan merusak endokrin dan mereduksi level hormon tiroksin di hewan mamalia dan manusia, sehingga perkembangan tubuhnya menjadi terganggu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com