5 Hewan yang Akan Mewarisi Bumi setelah Manusia Tiada

Kompas.com - 12/09/2019, 18:34 WIB
Tardigrade alias beruang air. Tardigrade alias beruang air.

KOMPAS.com - Manusia selalu disibukkan dengan gambaran tentan akhir dunia, mulai dari kisah-kisah yang dituturkan oleh agama, teori Y2k sampai kalender Maya yang berakhir pada tahun 2012.

Akan tetapi terlepas dari itu semua, sejumlah bencana alam, perang sampai ancaman asteroid juga dapat berpengaruh kepada kelangsungan hidup kita semua. Ketika hal itu terjadi, manusia dan kebanyakan makhluk hidup di Bumi akan punah.

Namun, bukan berarti seluruh kehidupan di Bumi juga berakhir. Ada lima makhluk hidup, mulai dari ikan hingga serangga, yang kemungkinan besar akan tetap bertahan dan mewarisi Bumi setelah manusia tiada.

Baca juga: 8 Skenario Kiamat Menurut Para Ahli, dari Asteroid sampai AI

Tardigrada

Dikenal sebagai beruang air, National Geographic menganugerahkan hewan ini julukan sebagai binatang yang paling tidak bisa dihancurkan di bumi.

Hewan mikroskopis ini kemungkinan besar akan terhindar dari kepunahan yang terjadi dalam enam miliar tahun kedepan, ketika matahari meledak dan menjadi “raksasa merah”.

Tardigrada akan aman dari asteroid karena mereka dapat hidup di ventilasi vulkanik dasar lautan. Selain itu, mereka juga dapat bertahan hidup tanpa makan atau minum hingga 30 tahun, serta tidak terpengaruh oleh suhu ekstrem atau paparan radiasi. Bahkan, tardigrada diketahui dapat hidup di luar angkasa.

Semut

Ilustrasi semut membangun jembatan dengan tubuhnya Ilustrasi semut membangun jembatan dengan tubuhnya

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Sumber Insider
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X