Usai Perawatan, Wajah Jessica Iskandar Ruam Merah, Kenapa Bisa Begitu?

Kompas.com - 05/09/2019, 11:29 WIB
Jessica Iskandar saat ditemui di kawasan Darmawangsa, Jakarta Selatan, Selasa (3/9/2019). KOMPAS.com/IRA GITAJessica Iskandar saat ditemui di kawasan Darmawangsa, Jakarta Selatan, Selasa (3/9/2019).

KOMPAS.com - Pembawa acara Jessica Iskandar belum lama ini mengunggah kondisi wajahnya yang dipenuhi ruam merah di akun instagram miliknya.

Ruam merah itu tampak jelas di sekitar pipi dan dagu.

Seperti diberitakan Kompas.com, Rabu (4/9/2019), perempuan yang akrab disapa Jedar itu ingin melakukan perawatan wajah Ultera untuk menghilangkan kerut halus di wajah.

Namun sebelum perawatan Ultera dilakukan, Jedar diminta menggunakan krim anestesi. Saat itulah dia merasa wajahnya perih.

Baca juga: Viral OSIS Razia Skincare, Apakah Remaja Butuh Produk Perawatan Kulit?

"Tapi pas 50 menit pakai krim anestesi pas dihapus semuanya merah, ngeblok-ngeblok merahnya," ujar Jedar.

Lantas, benarkah krim anestesi bisa bikin kulit wajah muncul ruam?

Wajah Jessica Iskandar memerah karena alergi anestesi.Tangkapan layar akun instagram @inijedar. Wajah Jessica Iskandar memerah karena alergi anestesi.

Menurut dr Edwin Tanihaha, Sp.KK, Dip. AAAM, MHKes, FKCCS, pengolesan krim anestesi umumnya tidak menyebabkan keluhan ruam di kulit,

"Namun, keluhan seperti gatal, panas, perih, iritasi, dapat terjadi pada orang yang memiliki tipe kulit sensitif atau alergi terhadap bahan-bahan anestesi tersebut," ungkap dokter Edwin kepada Kompas.com, Rabu malam (4/9/2019).

Pemicu munculnya ruam di wajah bisa disebabkan beberapa hal, seperti kulit tidak cocok dengan sesuatu yang dioleskan, memiliki alergi terhadap debu, makanan, dan obat-obatan tertentu, atau imun tubuh seseorang sedang turun.

"Pasien dengan imun tubuh yang sedang turun juga bisa (muncul ruam). Ini membuat kulit kita sensitif dan timbul ruam kemerahan di lokasi tertentu," jelas dokter Edwin yang praktik di RS Siloam TB Simatupang.

Tanda dan gejala

Edwin menjelaskan, tanda dan gejala ketidakcocokan pada krim dari bahan tertentu antara lain gatal, perih, panas, rasa terbakar, iritasi, hingga kulit terkelupas.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X