It: Chapter 2 Rilis di Indonesia, Kenapa Badut Bikin Seram?

Kompas.com - 04/09/2019, 18:36 WIB
Bill Skarsgard sebagai badut Pennywise dalam film It Chapter 2 New Line Cinema/It Chapter 2Bill Skarsgard sebagai badut Pennywise dalam film It Chapter 2

KOMPAS.com - Setelah lama ditunggu-tunggu, film It: Chapter Two akhirnya tayang di bioskop-bioskop Indonesia. Sekuel ini melanjutkan teror badut keji Pennywise di kota kecil Derry dan imajinasi para penonton.

Sebetulnya, ketakutan akan badut sudah ada bahkan sebelum novel It karya Stephen King dirilis. Ketakutan akan badut ini disebut dengan coulrophobia.

Dilansir dari Insider, 4 Agustus 2018, ketakutan akan badut mungkin dikarenakan oleh gerak-geriknya yang aneh dan menakutkan.

Psikolog sosial Frank T McAndrew pernah melakukan survei terhadap 1.341 partisipan berusia 18-77 tahun mengenai karakteristik atau perilaku yang mereka anggap aneh dan menakutkan.

Rupanya, pria lebih mungkin untuk dianggap aneh dan menakutkan. Lalu, perilaku yang tidak bisa diduga juga membuat para partisipan merasa tidak nyaman.

Baca juga: Ranking 10 Hewan yang Paling Menakutkan Dirilis, Mana Fobia Anda?

Badut sering melakukan tindakan-tindakan yang tidak biasa dan dibuat-buat. Rasa aneh dan menakutkan ketika melihat badut ini kemudian diperkuat oleh karakteristik mulut yang dirias agar tampak lebih besar dan mata yang seakan melotot.

Tata rias badut yang begitu berlebihan juga memberi sinyal bahwa mereka sedang menutupi identitas diri, dan hal ini membuat sebagian besar orang merasa tidak nyaman, ujar psikolog Rami Nader.

"Mereka punya ekspresi yang besar dan palsu, yang Anda tahu tidak benar-benar menunjukkan bagaimana perasaan badut tersebut sebenarnya karena tidak ada orang bisa selalu bahagia, tetapi badut tersebut selalu punya wajah yang tersenyum," kata Nader.

"Intinya, Anda sadar bahwa (badut) berbohong kepada Anda secara presentasi," imbuhnya lagi.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X