Ranking 10 Hewan yang Paling Menakutkan Dirilis, Mana Fobia Anda?

Kompas.com - 30/06/2019, 20:06 WIB
Tabel yang menunjukkan hewan-hewan paling menakutkan dan menjijikkan bagi manusia Polak et al, 2019Tabel yang menunjukkan hewan-hewan paling menakutkan dan menjijikkan bagi manusia

KOMPAS.com – Hampir semua manusia punya setidaknya satu hewan yang dibenci. Alasannya bisa karena hewan itu menakutkan atau menjijikkan. Namun, hewan apakah yang paling membuat manusia merasa takut dan jijik?

Untuk menjawab pertanyaan itu, para peneliti mengadakan sebuah survei dengan merekrut 2.000 orang dari Republik Ceko dan Slowakia. Para partisipan diminta untuk menilai seberapa menjijikkannya atau menakutkannya 24 hewan yang paling umum menimbulkan respons takut dan satu hewan kontrol, yaitu panda merah.

Hasilnya, yang telah dipublikasikan dalam British Journal of Psychology, mengungkapkan bahwa hanya 10 hewan saja yang mendapat nilai tiga. Nilai ini berarti hewan tersebut menimbulkan rasa jijik dan takut rendah hingga menengah.

Seperti yang dapat Anda lihat pada tabel di atas, ada satu hewan yang berada di puncak rasa jijik dan takut, yaitu laba-laba.

Baca juga: Gambar Viral Bikin Netizen Bergidik, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Hewan tersebut mendapat nilai 4,39 dari lima untuk nilai menakutkan dan 4,47 dari lima untuk nilai menjijikkan. Para peneliti juga mencatat bahwa 19 persen dari partisipan menunjukkan ketakutan ekstrem ketika melihat foto laba-laba.

Menurut para peneliti, hal ini mungkin karena campuran beberapa faktor. Pertama dan yang paling jelas adalah bentuk tubuh aneh yang punya “telalu banyak kaki”. Selain itu, laba-laba juga ada di rumah setiap orang, bersembunyi dalam kegelapan dan mampu bergerak dengan cepat.

Faktor-faktor ini membuat laba-laba menjadi ancaman nyata yang sangat mungkin ditemui secara langsung dalam kehidupan sehari-hari

Sementara itu, posisi nomor dua diduduki oleh ular beracun, yang ditemukan menimbulkan ketakutan ekstrem pada 10 persen partisipan. Menurut para peneliti, fobia ular dan laba-laba sangat umum karena ketakutan ini adalah sesuatu yang mendasar dan diturunkan oleh nenek moyang.

Baca juga: Ketakutan Akan Lubang Bukan Fobia Menurut Sains, Ini Penjelasannya

Melalui survei, para peneliti juga berhasil memetakan hewan-hewan ini menjadi lima kelompok.

Kelompok pertama adalah hewan kecil tidak berlendir yang menakutkan, seperti kecoa, semut dan tawon. Sementara itu, ular-ularan dan kadal-kadalan juga menjadi kelompok sendiri.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X