Kisah Maria Clara Yubilea, Ketahuan Gifted Gara-gara Ujian Kejar Paket B (Bagian II)

Kompas.com - 04/09/2019, 16:15 WIB
Maria Clara Yubilea Sidharta atau biasa disapa Lala, yang divonis dokter sebagai anak berkebutuhan khusus, justru menyabet gelar sarjana dengan predikat cum laude pada Sabtu (31/08/2019) di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dengan IPK 3,76 di usianya yang masih 19 tahun!. DOK. PRIBADI/PATRCIA-LALAMaria Clara Yubilea Sidharta atau biasa disapa Lala, yang divonis dokter sebagai anak berkebutuhan khusus, justru menyabet gelar sarjana dengan predikat cum laude pada Sabtu (31/08/2019) di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dengan IPK 3,76 di usianya yang masih 19 tahun!.

KOMPAS.com - Masih terngiang di ingatan B. Boy Rahardjo Sidharta dan Patricia Lestari Taslim, ketika putri semata wayang mereka - Maria Clara Yubilea Sidharta - meminta bersekolah di rumah alias homeschooling.

"Mau belajar di rumah sama mami papi aja," kata Patricia mengenang perkataan putrinya sekitar 7-8 tahun lalu.

Gadis yang akrab disapa Lala itu memang sudah meminta untuk homeschool sejak kelas 2 SD.

Permintaan ini tentu saja tak pernah diduga oleh Boy dan Patricia, kedua orangtua Lala. Pasalnya, keduanya saat itu masih beranggapan jika pendidikan formal itu di sekolah.

Baca juga: Kisah Anak Gifted Maria Clara Yubilea, Hobi Mogok Sekolah hingga Minta Homeschool (Bagian I)

Sekuat tenaga Boy dan Patricia meyakinkan Lala untuk mau bertahan sampai Ujian Nasional SD.

Patricia ingat betul, putrinya pernah protes tentang sekolah tepat beberapa bulan sebelum Ujian Nasional.

"Kelas 6 (SD) kan biasa ada try out sebelum ujian, ngerjain soal terus. Saya ingat protesnya, 'dari dulu di sekolah yang dipelajari 10 pelajaran, ini kelas 6 kita cuma disuruh belajar tiga mata pelajaran? Terus ngapain selama ini belajar yang lain, buang-buang waktu aja'," kenang Patricia mengikuti perkataan putrinya lagi.

Saat itu Patricia paham, anaknya marah dan kecewa. Namun setelah dibujuk-bujuk, akhirnya Lala mau mengikuti sekolah.

"Tapi, menjelang dua bulan (sebelum Ujian Nasional), dia benar-benar mogok, enggak mau sekolah," kenang Patricia.

Homeschool

Patricia bersama suami akhirnya membuat "perjanjian" dengan Lala, bahwa Lala akan menjalani dua bulan terakhir di SD baru setelah lulus mereka akan mendiskusikan lagi ke depannya akan berbuat apa.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X