Push Up Tiap Hari, Apa Efek dan Risikonya pada Tubuh?

Kompas.com - 28/08/2019, 17:06 WIB
Ilustrasi push up DragonImagesIlustrasi push up

KOMPAS.com -  Push up merupakan salah satu bentuk olahraga untuk kekuatan. Meskipun olahraga ini berfokus pada lengan dan bahu, push up juga melibatkan otot inti dan kaki. Oleh karena itu, push up bermanfaat untuk membangun kekuatan di seluruh tubuh.

Namun, apa yang terjadi pada tubuh bila Anda melakukan push up setiap hari? Berikut ulasannya:

Meningkatkan fungsi sendi

Push up secara efektif menguatkan otot di sekitar sendi di bahu. Otot dan tendon di area bahu bertanggung jawab untuk menjaga tulang lengan atas.

Namun, yang harus diperhatikan adalah untuk membangun kekuatan yang cukup di otot, jumlah push up penting untuk ditingkatkan secara bertahap.

Otot yang lemah dapat menyebabkan cedera otot dan tendon.

Baca juga: Sedang Stres? Push Up dan Sit Up Ternyata Bisa Meredakannya

Meningkatkan kesehatan jantung

Beberapa studi telah mengaitkan push up dengan risiko penyakit kardiovaskular.

Sebuah studi pada tahun 2019 menemukan hubungan antara jumlah push up seseorang dan risiko terkena penyakit kardiovaskular 10 tahun mendatang. Sebanyak 1.104 pria paruh baya yang aktif berpartisipasi dalam penelitian ini.

Ditemukan perbedaan yang signifikan antara dua kelompok pria, mereka yang mampu melakukan lebih dari 40 kali push up dan mereka yang melakukannya kurang dari 10.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X