Kenapa Penyakit Flu Bikin Badan Ngilu dan Sakit Semua?

Kompas.com - 21/08/2019, 19:02 WIB
Ilustrasi flu Ilustrasi flu

KOMPAS.com- Flu merupakan penyakit yang acapkali dan rutin menyerang tubuh manusia. Ketika kita mengalami flu, biasanya selain karena posisi istirahat yang serba salah, anggota tubuh lainnya pun ikut ngilu dan pegal linu. Kenapa hal itu terjadi?

Dilansir dari Verywell Health, 10 Maret 2019; inilah alasan tubuh terasa lemah, pegal linu, dan juga sakit saat flu melanda.

Ketika seseorang terkena flu, secara alami tubuh akan melepaskan bahan kimia untuk membantu melawan infeksi virus yang menyerang.

Otot-otot yang nyeri dan sakit dihasilkan dari respons sistem kekebalan tubuh yang melawan penyakit dengan kuat.

Pada dasarnya, ketika tubuh terasa ngilu saat flu, itu adalah pertanda baik. Sebab, tubuh sedang melakukan apa yang seharusnya dilakukan untuk membantu Anda lebih baik.

Baca juga: Jangan Disamakan Lagi, Ini Beda Pilek dan Flu

Faktor penyebab

Namun, memang ada beberapa orang yang lebih rentan mengalami pegal linu dan ngilu seluruh tubuh setiap kali terkena flu, sementara beberapa lainnya mungkin tidak merasakan hal yang sama saat terkena flu.

Orang dewasa dan orang yang memiliki penyakit kronis, seperti diabetes dan penyakit autoimun, cenderung mengalami lebih banyak nyeri tubuh saat flu karena tubuh mereka lebih sulit melawan penyakit.

Faktor tempat tinggal, seperti iklim dingin, juga dapat membuat Anda lebih berpotensi mengalami sakit pada tubuh bersamaan dengan flu. Pasalnya, ketika tubuh terkena suhu udara yang dingin, maka tubuh pun menjadi lebih peka terhadap rasa sakit.

Baca juga: Sedang Flu? Kenali 4 Obat yang Bisa Bantu Meredakan Gejalanya

Pengobatan

Pada saat flu dan rasa nyeri menyerang tubuh Anda, berikut adalah beberapa hal yang mungkin bisa Anda coba untuk mengurangi gejalanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X