Pelepasliaran Elang Bondol Selanjutnya Akan Gunakan Geotagging

Kompas.com - 19/08/2019, 17:35 WIB
Elang bondol di Pulau Kotok, Kepulauan Seribu Elang bondol di Pulau Kotok, Kepulauan Seribu

KOMPAS.com - Jakarta Animal Aid Network (JAAN) dibantu oleh PT Pertamina telah mentargetkan akan memasang perangkat Geotagging pada elang yang akan dilepaskan untuk periode berikutnya.

Ketua JAAN, Benvika, menjelaskan bahwa perangkat Geotagging merupakan teknologi terkini yang dapat mendeteksi keberadaan hewan, terutama burung, saat dilepaskan ke alam liar.

PT Pertamina memberikan secara simbolis bantuan sebuah perangkat Geotagging ini pada Minggu (18/8/2019) di tempat rehabilitasi elang di Pulau Kotok, DKI Jakarta.

Geotagging merupakan aplikasi yang mampu memproses identitas metadata terhadap suatu media, seperti gambar, video maupun sebuah situs, yang akan diselipkan titik koordinat suatu tempat secara detail.

"Kami baru dapat Geotagging ini tiga hari lalu. Nah, (pelepasliaran elang) hari ini belum bisa digunakan. Karena mengaktifkan teknologi yang satu ini hanya bisa dilakukan oleh negara Belanda. Dan kami baru kirimkan form minta aktivasinya. Mungkin baru bisa digunakan untuk pelepasan elang berikutnya," tutur Benvika.

Baca juga: 5 Fakta Elang Bondol, Si Maskot Jakarta yang Kawin di Udara

Cara penggunaan Geotagging

Untuk menggunakan Geotagging, Ben menjelaskan bahwa perangkat tersebut akan dilekatkan pada leher elang.

Terdapat sebuah kalung dari perangkat Geotagging yang dimaksud, kemudian alat sensor bagian perangkat itu akan disambung dengan kalung tersebut.

Lewat sistem deteksi jarak jauh, sensor tersebut akan menunjukkan di mana posisi dengan titik koordinat yang jelas mengenai elang tersebut berada. Hebatnya, alat ini tidak memiliki maksimal radius deteksinya.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X