8 Cara Menjaga Rumah Tetap Dingin di Musim Kemarau, Menurut Sains

Kompas.com - 19/08/2019, 15:19 WIB
Ilustrasi kepanasan saat musim kemarau dengan menggunakan kipas angin. Ilustrasi kepanasan saat musim kemarau dengan menggunakan kipas angin.

KOMPAS.com - Di musim kemarau seperti ini, semua orang merasa kepanasan. Entah itu di luar ruangan atau di dalam rumah, udara yang mengalir sama saja, panas.

Namun, apa yang harus dilakukan agar rumah tetap dingin sementara kita tidak memiliki AC?

Jangan khawatir, sains memiliki jawaban untuk memecahkan masalah ini. Dengan sedikit trik dan penyesuaian, Anda mungkin masih bisa bertahan di musim kemarau ini.

Berikut adalah beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan, seperti dilansir IFL Science (20/7/2018).

Baca juga: Ada 18.895 Sebaran Titik Panas, BMKG Minta Masyarakat Waspada Karhutla

1. Tutup tirai dan gorden

Ilutrasi tirai jendela Ilutrasi tirai jendela
Dengan menutup tirai dan gorden, maka kita mencegah jendela rumah bertindak seperti rumah kaca.

Perlu diketahui, hampir sekitar 30 persen panas di dalam ruangan berasal dari jendela.

Jadi, dengan menjaga ruangan atau rumah dalam kondisi tertutu, maka panas akan dipantulkan kembali ke luar dan suhu di dalam ruangan tetap rendah.

Untuk lebih mengoptimalkan usaha, ada baiknya Anda memilih gorden berwarna hitam. Sebaliknya, gorden berwarna cerah seperti merah, oranye, dan kuning justru akan menangkap panas lebih.

2. Buka dan tutup pintu

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X