Belajar dari Singapura, Dongkrak Kualitas Universitas Bukan Cuma Impor Rektor Asing

Kompas.com - 17/08/2019, 17:08 WIB
Ilustrasi: universitas, rektor asing, perguruan tinggi ShutterstockIlustrasi: universitas, rektor asing, perguruan tinggi

Oleh Elisabeth Rukmini

WALAU rencana pemerintah merekrut rektor dari luar negeri untuk menaikkan kualitas universitas disambut dengan kritik, Kantor Staf Kepresidenan telah menyatakan rektor berkelas global itu akan direkrut tahun depan dengan lebih dulu merevisi peraturan syarat menjadi rektor.

Untuk percontohan, kebijakan itu akan dimulai di satu atau dua universitas di negeri ini.

Pemerintah memandang pemeringkatan kualitas pendidikan tinggi pada level internasional bersandar pada pemimpin universitas. Singapura menjadi salah satu rujukan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir dalam mempercepat transformasi menuju universitas kelas dunia dengan cara yang cepat.

Dari empat besar perguruan tinggi di sana yakni Nanyang Technological School ( NTU), National University of Singapore (NUS), Singapore Management University (SMU), Singapore University of Technology and Design (SUTD), pada era 2010-an, hanya NUS yang tidak merekrut rektor asing.

Kini, hanya NTU yang masih mempertahankan tradisi pimpinan tertinggi dari luar negeri.

Dalam konteks NTU, kualitas mereka didongkrak tidak hanya oleh “rektor tembak” berkelas dunia, tapi juga penciptaan ekosistem dan kebijakan riset yang kondusif berkelas dunia dan penguatan jaringan global.

Indonesia bisa juga belajar secara benar, bukan setengah-setengah, dari Singapura.

Rektor katalisator

Dalam reaksi kimia kita mengenal katalisator, senyawa yang mempercepat reaksi kimia yang memang perlu dipercepat agar efisien dan efektif.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X