Ahli Tegaskan Obati Kanker dengan Herbal Bisa Berbahaya

Kompas.com - 17/08/2019, 12:06 WIB
Ilustrasi kanker payudara ShutterstockIlustrasi kanker payudara


KOMPAS.com – Sebuah tulisan mengenai obat herbal dan kanker beredar di linimasa Facebook hari ini. Dalam narasi yang beredar, seorang mantan wartawan yang juga menjadi calon legislatif bernama Dyah Wahyu Winarni sedang berjuang melawan kanker.

Dalam postingan tersebut diceritakan bahwa ia divonis mengidap kanker stadium awal pada medio 2012. Dengan pengobatan medis selama satu tahun, ia dinyatakan sembuh.

Namun, sejak 2016, ia beralih pada ramuan dan pengobatan herbal dan alternatif.

Pada 2018, ia menyesal dengan langkahnya menghentikan terapi medis lantaran dokter memvonis kanker payudaranya kembali dan telah menyebar di berbagai tempat.

Kompas.com meminta komentar terhadap narasi yang beredar ini pada dokter onkologi, Dr Walta Gautama, Sp.B(K) Onk yang praktik di RS Dharmais.

Baca juga: Pengobatan Alternatif Gandakan Risiko Kematian Akibat Kanker

Walta menyebut, mengkonsumsi obat herbal untuk menyembuhkan kanker bisa mengakibatkan seseorang men-delay penanganan kanker yang harusnya ditangani dengan cepat.

“Orang sakit kanker beda dengan orang sakit jantung ataupun penyakit lain. Orang sakit kanker kalau stadium tambah, angka harapan sembuh makin kecil, pengobatan makin komplek,” tuturnya kepada Kompas.com, Jumat (16/8/2019).

Ia menghimbau, kepada masyarakat untuk berhati-hati dan tak mudah percaya dengan obat-obatan herbal yang diklaim bisa menyembuhkan kanker.

“Kalau terjadi delay pengobatan. Misal harusnya stadium 2 dia datang tapi terlambat pertanyaannya siapa yang akan bertanggung jawab? Yang terima nasib kan pasiennya,” lanjut Walta.

Menurutnya, obat herbal itu masuk ke dalam complimentary medicine, atau pengobatan penunjang, sehingga mereka belum bisa digolongkan sebagai obat kanker.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X