Busur Subduksi Sunda 8 Kali Gempa, Apakah Aktivitas Gempa Pendahuluan?

Kompas.com - 12/08/2019, 19:44 WIB
Ilustrasi gempa, gempa Banten ShutterstockIlustrasi gempa, gempa Banten

KOMPAS.com- Beberapa gempa yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia akhir-akhir ini semakin meresahkan masyarakat.

Hasil monitoring BMKG menunjukkan bahwa sejak awal Agustus 2019 telah terjadi rentetan aktivitas gempa bumi di Busur Subduksi Sunda. Aktivitas gempa singnifikan ini tersebar dari Segmen Megathrust Mentawai-Siberut hingga Segmen Megathrust Sumba.

Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG Dr Daryono dalam rilis yang dikeluarkan Senin (12/8/2019), mengatakan bahwa sejak awal Agustus 2019, tercatat di Busur Subduksi Sunda sudah lebih dari 8 kali terjadi gempa signifikan.

Baca juga: 2 Gempa Guncang Bali, Getaran Terasa hingga Banyuwangi

Data menunjukkan bahwa pada 2 Agustus 2019, terjadi Gempa Selatan Banten dengan kekuatan M 6,9. Selanjutnya, 3 Agustus 2019, Gempa Sukabumi M 4,4. 9 Agustus 2019, Gempa Sumba M 4,3. 10 Agustus 2019, Gempa Tasikmalaya dan Pangandaran M 4,0. Lalu, pada 10 Agustus 2019, Gempa Tasikmalaya dan Pangandaran M 5,1.

Tidak hanya itu, pada 11 Agustus 2019, terjadi Gempa Pariaman dengan kekuatan M 5,2 dan Gempa Selatan Selat Sunda dengan kekuatan M 5,1.

Terbaru, terjadi pada 12 Agustus 2019 adalah Gempa Selatan Bali dan Banyuwangi dengan kekuatan M 4,9.

"Rentetan gempa ini sangat menarik dicermati. Seluruh gempa berpusat di Zona Subduksi," tulis Daryono.

Menurut Daryono, memang ada variasi kedalaman hiposenternya, dalam hal ini ada pusat gempa yang sangat dangkal bersumber di zona subduksi muka (front subductioan), tetapi ada juga yang berada di kedalaman menengah di zona transisi antara zona Megathrust dan Benioff.

Baca juga: Gempa Hari Ini: 4 Lindu Mengguncang 3 Daerah Indonesia

Aktivitas gempa pendahuluan

Fenomena rentetan gempa yang terus terjadi ini memancing perhatian masyarakat untuk tahu mengapa gempa di zona subduksi akhir-akhir ini sangat aktif dan apakah ini merupakan rentetan aktivitas gempa pendahuluan (foreshocks).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X