5 Cara Kurangi Rasa Mual Akibat Pengobatan Kanker

Kompas.com - 13/08/2019, 19:00 WIB
Ilustrasi kankershutterstock Ilustrasi kanker


KOMPAS.com - Efek samping dari pengobatan kanker atau yang sering disebut dengan kemoterapi salah satunya adalah mual.

Efek samping ini kerap muncul beberapa saat setelah obat kemoterapi dosis pertama diberikan seperti dilansir Hello Sehat. Pada laman tersebut dijelaskan, sebagian besar pasien kanker harus berjuang dengan keras guna mengatasi rasa mual.

Meski dinilai ampuh dalam membunuh sel-sel kanker, kemoterapi juga sering memicu mual.

Penyebabnya beragam, mual dari frekuensi perawatan, dosis obat, dan cara pemberian obat, naik minum maupun dari cairan infus.

Setiap pasien mengalami mual yang berbeda-beda, ada yang ringan maupun parah hingga sampai muntah.

Baca juga: Pepaya Ampuh Redakan Mual dan Kembung

Hal tersebut yang akhirnya membuat para pasien pengidap kanker merasa nafsu makan menurun semenjak melakukan kemoterapi.

Merangkum dari Hello Sehat, setidaknya ada lima cara untuk meredakan rasa mual akibat efek kemoterapi.

1. Perhatikan Asupan Nutrisi

Terdapat beberapa makanan tertentu yang mampu meringankan rasa mual serta membantu pasien pengidap kanker untuk mendapat nutrisi yang cukup.

Antara lain melakukan diet BRAT (Banana, Rice, Applesauce, Toast). Diet tersebut terdiri atas pisang, nasi, saus apel, dan roti bakar.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X