BMKG: Indonesia Diprediksi Masuk Kategori Sangat Mudah Terbakar Pekan Ini

Kompas.com - 12/08/2019, 06:02 WIB
Sembilan hektar lahan gambut di Majene terbakar dan merembet ke permukiman warga. Warga panik karena dikepung asap tebal, Selasa (6/8/2019). KOMPAS.com/JUNAEDISembilan hektar lahan gambut di Majene terbakar dan merembet ke permukiman warga. Warga panik karena dikepung asap tebal, Selasa (6/8/2019).

Titik Panas Masih Terdeteksi di Indonesia, Malaysia dan Beberapa Negara ASEAN

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) meminta masyarakat untuk tetap terus mewaspadai sebaran titik panas guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan ( Karhutla).

Berdasarkan hasil pemantauan selama seminggu terakhir (2–9 Agustus 2019) sedikitnya BMKG mengidentifikasi terdapat 7.540 titik panas di seluruh wilayah Asia Tenggara dan Papua Nugini.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Prabowo di Jakarta, Jumat (9/8/2019) mengungkapkan, informasi titik panas tersebut diperoleh dari hasil analisis BMKG berdasarkan citra Satelit Terra Aqua MODIS (NOAA) dan Satelit Himawari-8 (JMA).

Peningkatan jumlah titik panas ini, menurutnya diakibatkan kondisi atmosfer dan cuaca yang relatif kering sehingga mengakibatkan tanaman menjadi mudah terbakar.

Kondisi cuaca perlu diperhatikan, agar tidak memperparah kalau terjadi kebakaran.

Baca juga: Ada 18.895 Sebaran Titik Panas, BMKG Minta Masyarakat Waspada Karhutla

Indikasi peningkatan jumlah titik panas

Berdasarkan hasil monitoring BMKG, menunjukkan adanya indikasi trend peningkatan jumlah titik panas di berbagai wilayah ASEAN.

Terpantau mulai tanggal 3 Agustus 2019 sebanyak 1.025 titik meningkat menjadi 1.139 titik pada tanggal 4 Agustus 2019.

Jumlah titik panas masih mengalami peningkatan hingga tanggal 7 Agustus 2019 sebanyak 1.585 titik.

Penurunan titik panas terjadi pada tanggal 8 Agustus 2019 sebanyak 1.178 titik.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X