Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG Sebut Suhu Dieng Terdingin se-Indonesia, Benarkah Capai 11 Derajat Celsius?

Kompas.com - 06/08/2019, 19:58 WIB
Ellyvon Pranita,
Yunanto Wiji Utomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Dieng sempat menghebohkan masyarakat Indonesia karena embun beku yang menjadi viral di media sosial. Ternyata, suhu di Dieng merupakan yang terdingin di Indonesia saat ini.

Dari komentar Facebook warganet di laman akun Kompas.com tentang suhu di Dieng yang mencapai -11 derajat celcius.

Wartawan Kompas.com mencoba mencari tahu kebenarannya dengan menghubungi Kepala Bidang Analisis Variabilitas Iklim BMKG Indra Gustari.

Indra mengatakan bahwa suhu udara di Dieng memang merupakan suhu terdingin di Indonesia, namun untuk mencapai minus 11 derajat itu sulit sekali kemungkinannya.

Baca juga: Kemarau Kok Suhu Dingin? BMKG Ungkap Penyebabnya Dry Intrution

"Kecuali ada faktor yang sangat kuat untuk menjadikan suhu tersebut jatuh sampai sedingin itu,"ujarnya.

Dari pengamatan yang telah dilakukan oleh BMKG, dengan menggunakan alat Air Weather Station (AWS) sejak 14 Juli lalu. Suhu terdingin di Dieng pernah berada di -1,3 derajat celcius pada (14/7/2019).

Suhu meningkat pada beberapa hari setelahnya. Lalu pada pemantauan terakhir pada Senin (5/8) kemarin, suhu di Dieng mencapai -2 derajat celcius.

Itulah suhu terdingin di Dieng dalam catatan BMKG dengan alat yang telah dikalibrasi dengan pemantauan suhu udara di daerah lainnya.

"Mengacu hasil masyarakat, mungkin di sana mereka mengukur sendiri suhu tersebut dengan cara mereka. Namun, alat pengukur yang mereka gunakan belum diverifikasi secara jelas dan pasti," jelas Indra.

Baca juga: Suhu Dingin sampai September, Bagaimana Cara agar Tidak Pilek?

Indra menyampaikan bahwa penyebab dari suhu dingin yang terjadi ini bisa dari berbagai faktor.

Diantaranya musim yang berganti atau dalam keadaan musim kemarau dimana angin akan mendorong dry intrusion dari Australia ke selatan Indonesia.

Berikutnya, faktor ketinggian. Semakin daerah tersebut berada di dataran tinggi maka semakin dingin suhu udara di wilayah tersebut dibandingkan dengan daerah di pesisir pantai.

Ketinggian Dieng mencapai 2.000 M di atas permukaan laut. BMKG menyatakan baru menaruh AWS pada juli lalu, namun berdasarkan elevasi atau faktor ketinggian wilayah Dieng memang akan bersuhu dingin.

Baca juga: Misteri Tubuh Manusia, Alasan Sering Kebelet Pipis Saat Suhu Dingin

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com