Studi Buktikan Lembur Tingkatkan Risiko Diabetes Pada Perempuan

Kompas.com - 31/07/2019, 17:00 WIB
Ilustrasi lemburThinkstockphotos.com Ilustrasi lembur

KOMPAS.com - Bekerja melebihi waktu kerja alias lembur tentu sudah umum di dunia kerja. Pekerjaan yang menumpuk membuat kita terkadang memperpanjang waktu untuk tetap berada di kantor.

Padahal, banyak bahaya mengintai bagi mereka yang gemar lembur, salah satunya diabetes. Lembur disebut-sebut dapat meningkatkan risiko seorang perempuan terkena diabetes.

Lembur meningkatkan risiko diabetes pada perempuan

Bekerja lembur memang diketahui mengorbankan banyak hal, seperti waktu istirahat berkurang, acara bertemu teman yang tersita, hingga masalah kesehatan.

Bekerja lembur secara terus-menerus tanpa kenal istirahat memang akan mendatangkan berbagai masalah penyakit. Salah satu risiko yang mengintai ketika seseorang bekerja secara berlebihan adalah diabetes.

Baca juga: Pulanglah Tepat Waktu, Lembur Bisa Tingkatkan Risiko Stroke

Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal BMJ Open Diabetes Research and Care pada tahun 2018 mengungkapkan alasannya.

Dalam studi yang dilakukan pada sekitar 7.000 pekerja menyatakan bahwa perempuan yang bekerja lembur (45 jam atau lebih dalam seminggu) memiliki risiko terkena diabetes tipe dua.

Risiko tersebut lebih tinggi dibandingkan perempuan yang hanya bekerja 35-45 jam seminggu. Risiko ini tidak berpengaruh pada pria.

Peter Smith, pemimpin penelitian, menyatakan bahwa peningkatan risiko diabetes pada perempuan bekerja yang mengambil waktu lembur bisa meningkat hingga 50 persen.

“Lingkungan pekerjaan jelas berperan dalam peningkatan risiko diabetes tipe dua dan penyakit kronis lainnya, itulah yang perlu disadari. Bekerja lembur bukanlah salah satu gaya hidup sehat,” ujar peneliti senior di Institute for Work and Health di Toronto, Kanada.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X