Sakit Kepala Akibat Stres? Coba 6 Trik Ini Untuk Meredakannya

Kompas.com - 25/07/2019, 16:33 WIB
Ilustrasi sakit kepalaSHUTTERSTOCK Ilustrasi sakit kepala

KOMPAS.com - Kerjaan menumpuk, tagihan belum terbayar, ditambah bertengkar dengan pasangan, pasti membuat Anda stres. Kondisi ini bisa memicu sakit kepala, bahkan memperburuk gejalanya.

Jika Anda mengalami kondisi ini, tentu rutinitas harian bisa terganggu. Jangan cemas, simak beberapa cara menghilangkan sakit kepala akibat stres berikut.

Bagaimana stres bisa memicu sakit kepala?

Sebagian besar orang yang mengalami stres, pernah merasakan sakit kepala. Orang yang memiliki sakit kepala berulang seperti migrain juga melaporkan bahwa stres membuat sakit kepala semakin bertambah parah.

Sebenarnya, apa hubungan stres dengan sakit kepala?

Baca juga: 5 Sebab Sakit Kepala yang Tak Terduga, dari Dehidrasi sampai Menstruasi

Dilansir dari laman Cleveland Clinic, stres merupakan salah satu penyebab umum dari sakit kepala. Jadi, jika Anda ingin mengobati sakit kepala stres, Anda harus menghilangkan stres yang mengganggu.

Ketika stres melanda, otak melepaskan senyawa tertentu untuk memerangi situasi yang dikenal dengan respons “flight or fight“.

Pelepasan senyawa kimia tersebut dapat menyebabkan perubahan pembuluh darah di otak sehingga memicu sakit kepala, seperti migrain.

Selain itu, berbagai emosi saat stres, seperti cemas, khawatir, dan takut dapat meningkatkan ketegangan otot dan melebarkan pembuluh darah di kepala sehingga rasa sakit semakin memburuk.

Stres juga bisa memicu sakit kepala tegang (tension headache). Jenis sakit kepala ini bersifat kambuhan dalam jangka panjang.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X