Hari Anak Nasional: Bernarkah Sedikit Mainan Bikin Anak Makin Kreatif?

Kompas.com - 23/07/2019, 18:00 WIB
Ilustrasi mainan Thomas NorthcutIlustrasi mainan

KOMPAS.com - Anak-anak identik dengan mainan. Sering kali, para orang tua baru terlalu bersemangat sampai membanjiri anak mereka dengan mainan dari yang paling sederhana hingga rumit.

Rasanya, dengan mainan kita bisa membahagiakan dan melindungi putra-putri tersayang. Tema perayaan Hari Anak Nasional 2019 pun mengambil tema "Peran Keluarga dalam Perlindungan Anak".

Sering kali, orang tua berusaha melindungi anak agar tak dapat pengaruh negatif dengan memberinya mainan yang bisa dikontrol.

Namun, perkara mainan ini kemudian menuai pertentangan di kalangan orang tua. Beberapa orang tua beranggapan bahwa mainan dapat menstimulai tumbuh kembang anak.

Di sisi lain, banyak juga orang tua yang berasumsi bahwa anak lebih kreatif jika tak punya banyak mainan.

Kedua pendapat itu tidak sepenuhnya salah. Beberapa mainan memang memiliki manfaat untuk menstimulasi tumbuh kembang anak.

Meski begitu, terlalu banyak mainan juga tidak baik bagi putra-putri Anda.

Baca juga: Beli Uang Mainan dengan Uang Asli, Kenapa Dulu Kita Melakukan Ini?

Penelitian Membuktikan

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan di University of Toledo, Ohio, AS menemukan bahwa terlalu banyak mainan tak bagus buat anak.

Hasil temuan mereka menunjukkan bahwa anak yang memiliki banyak mainan justru tak bisa fokus dan menikmati waktu bermainnya.

Studi tersebut dilakukan dengan mengamati 36 anak balita. Anak-anak tersebut kemudian diundang masuk ke ruang bermain yang berbeda selama satu setengah jam.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Telegraph
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X