Adanya 3 Pola Hujan Bikin Suhu di Jawa Kebalikan dengan Kalimantan

Kompas.com - 19/07/2019, 16:31 WIB
Pola hujan di Indonesia bikin suhu di beberapa wilayah berbeda. Pola hujan di Indonesia bikin suhu di beberapa wilayah berbeda.

KOMPAS.com - Saat ini suhu di wilayah pulau Jawa cenderung terasa dingin pada malam hari, sedangkan pulau di utara Jawa seperti Kalimantan masih hangat dan hujan.

Agie Wandala, Kepala Sub Bidang Iklim dan Cuaca BMKG mengatakan, perbedaan ini disebabkan oleh tipe hujan di Indonesia.

"Sebenarnya di Indonesia ada tiga pola hujan," ungkap Agie kepada Kompas.com, Jumat (19/7/2019).

Tiga pola hujan itu adalah tipe monsunal, ekuatorial, dan lokal.

Baca juga: Kontras dengan Jawa, BMKG Sebut Kalimantan Cukup Hangat dan Hujan

Di atas adalah gambaran peta pola hujan di Indonesia. Pola iklim monsunal ada di Jawa, Bali, Nusa Tenggara, sebagian Sumatera, dan sebagian Kalimantan.

"Pola iklim equatorial ada di daerah Sumatera bagian utara dan pesisir baratnya, dan Kalimantan bagian utara. Sementara untuk lokal dapat dilihat di gambar yang berwarna merah," imbuh Agie.

Daerah yang memiliki tipe hujan monsunal, dalam satu tahun memasuki musim hujan pada Oktober sampai Maret, dan puncaknya ada pada Desember sampai Februari.

"Saat ini Jawa sedang periode kering," ungkap Agie.

Sementara daerah yang memiliki tipe hujan ekuatorial, saat ini di beberapa lokasi masih hujan, khususnya Kalimantan bagian utara, Aceh, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat.

Pada pola ekuator, hujan diprediksi turun pada bulan Maret, Mei sampai Agustus, dan Desember. Sementara periode kering terjadi pada Januari sampai Februari, dan disambung Juni hingga Juli.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X