Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kontras dengan Jawa, BMKG Sebut Kalimantan Cukup Hangat dan Hujan

Kompas.com - 19/07/2019, 09:00 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Sebagian besar masyarakat yang tinggal di pulau Jawa mengeluh suhu dingin di malam hari. Beberapa hari lalu, suhu dingin di Bandung bahkan mencapai 13 derajat.

Kepala Sub Bidang Iklim dan Cuaca BMKG Agie Wandala mengatakan, suhu dingin di malam hari yang terjadi di pulau Jawa disebabkan oleh fenomena dry intrusion atau intrusi udara kering.

"Dry intrusion bersifat dingin karena suhu udara di selatan Indonesia sedang sangat rendah dan pulau Jawa cukup terkena dampaknya," ujar Agie kepada Kompas.com, Rabu (17/7/2019).

Kalau di Jawa sedang mengalami intrusi udara kering yang bikin dingin, pulau Kalimantan di utara Jawa justru masih merasakan suhu cukup hangat diselingi hujan lokal di beberapa wilayah.

Baca juga: Suhu Dingin di Jawa, Baiknya Mandi Pakai Air Dingin atau Hangat?

"Kondisi suhu dan kelembapan di Kalimantan saat ini sebetulnya relatif normal, masih kisaran 22-34 derajat Celsius. Cukup hangat secara umum, tapi tercatat di beberapa lokasi ada potensi hujan, khususnya di Kalimantan bagian utara," papar Agie Jumat (19/7/2019).

Situasi ini juga menimbulkan potensi terjadinya kebakaran hutan yang cukup tinggi. Terlebih, pada periode Juli sampai Agustus di Kalimantan berada di tipe iklim cukup kering.

"Sehingga ada baiknya masyarakat tidak melakukan aktivitas pembakaran lahan karena pengendaliannya yang sulit," tegas Agie.

"Meskipun belum pada periode yang paling intens, namun kehati-hatian dan pengawasan memang sudah harus terus dilakukan sejak saat ini,” imbuh dia.

Kebakaran hutan selama musim kemarau panjang memang sering terjadi. Biasanya, kebakaran hutan disebabkan oleh sambaran petir pada hutan yang kering karena musim kemarau yang panjang, juga kecerobohan manusia seperti membuang puntung rokok sembarangan dan lupa mematikan api di perkemahan.

Baca juga: Meski Bikin Menggigil, Suhu Dingin Punya 6 Manfaat untuk Kesehatan

Citra satelit untuk mendeteksi water vapour di atmosfer. Citra satelit untuk mendeteksi water vapour di atmosfer.
Selain Kalimantan, pulau-pulau lain yang ada di utara Jawa juga masih memiliki cukup banyak awan hujan. Hal ini seperti dapat dilihat dalam citra satelit untuk mendeteksi water vapour di atmosfer, di atas.

"Saat ini justru di Sumatera bagian utara (Aceh, Sumut, Sumbar) berpotensi terjadi hujan," imbuh Agie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com