Lebih Dingin dari Suhu Bandung Saat Ini, Indonesia Pernah Alami 5 Derajat Celcius

Kompas.com - 18/07/2019, 16:35 WIB
Informasi unsur iklim ekstrem tertinggi/terendah dasarian III Juni 2019. Adi Ripaldi BMKGInformasi unsur iklim ekstrem tertinggi/terendah dasarian III Juni 2019.

KOMPAS.com - Memasuki musim kemarau, sejumlah wilayah di Indonesia, terutama bagian selatan Indonesia mengalami suhu dingin yang dirasakan pada malam hari. Rabu (17/07/2019) dini hari kemarin, suhu Bandung bahkan mencapai 15,4 derajat celcius, dan di Lembang 13 derajat celcius.

Suhu dingin ini dikeluhkan oleh masyarakat. Meski begitu, Indonesia pernah mencatat suhu dingin yang lebih ekstrem.

Kepala Sub Bidang Analisis dan Informasi Iklim Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG), Adi Ripaldi mengungkapkan bahwa suhu dingin ekstrem yang pernah terjadi di Indonesia, yakni 5 derajat celcius biasa terjadi di Dieng, Pasuruan, Jawa Timur.

"Berdasarkan historis data BMKG, suhu ekstrem dingin memang biasa terjadi di Dieng, Bromo dan Pegunungan Jayawijaya, Papua. Biasanya pada kisaran 5 derajat celcius, bahkan minus kalau di puncak Jayawijaya karena tutupan salju," ujar Aldi saat dihubungi Kompas.com pada Kamis (18/7/2019).

Baca juga: Warga Keluhkan Suhu Dingin, BMKG Sebut Puncaknya Terjadi pada Agustus

Selain itu, Aldi mengungkapkan bahwa untuk wilayah dataran tinggi suhu udara minimum bisa di bawah 10 derajat celcius.

Menurutnya, fenomena suhu dingin ini biasa terjadi di periode musim kemarau di wilayah NTT dan Jawa.

"Berdasarkan monitoring BMKG pada akhir Juni ada wilayah di NTT ada yang mencapai suhu 7,8 derajat celcius," ujar Aldi.

Kemudian, Aldi menyamoaikan bahwa salah satu wilayah yang terasa suhu dingin, yakni Ruteng, Manggarai NTT.

Ia mengungkapkan bahwa bagi masyarakat Ruteng atau Manggarai mungkin dianggap biasa, namun bagi masyarakat yang baru ke tempat tersbut akan terasa sangat dingin dan kurang nyaman untuk beraktivitas.

Suhu dingin pada 1987

Tak hanya itu, Kepala Bidang Analisis Variablitas Iklim BMKG, Indra Gustari menyampaikan bahwa suhu dingin yang terasa saat ini bukan merupakan yang paling dingin.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X