Anomali Semesta, Piringan Mustahil Terdeteksi di Sekitar Lubang Hitam

Kompas.com - 17/07/2019, 20:50 WIB
Ilustrasi piringan gas di sekitar lubang hitam galaksi NGC 3147 Hubble Image: NASA, ESA, S. Bianchi (Università degli Studi Roma Tre University), A. Laor (Technion-Israel Institute of Technology), and M. Chiaberge (ESA, STScI, and JHU); Illustration: NASA, ESA, and A. Feild and L. Hustak (STScI) Ilustrasi piringan gas di sekitar lubang hitam galaksi NGC 3147

KOMPAS.com – Tim peneliti internasional yang meneropong galaksi spiral NGC 3147 baru saja menemukan sesuatu yang mengejutkan. Di pusat galaksi tersebut, ada sebuah lubang hitam supermasif yang dikelilingi oleh piringan gas tipis berputar dalam jarak yang sangat dekat.

Secara teori, lubang hitam tersebut seharusnya terlalu kecil untuk memiliki struktur semacam itu.

Dilansir dari Universe Today, Senin (15/7/2019); galaksi kecil seperti NGC 3147 biasanya tidak memiliki cukup materi untuk memberi makan lubang hitamnya. Alhasil, lubang hitam pada galaksi seperti ini biasanya mengalami “malnutrisi”.

Ketika lubang hitam yang malnutrisi memakan materi dalam jumlah kecil, materi tersebut biasanya mengembang dan berbentuk seperti donat. Namun pada lubang hitam yang baru ditemukan oleh para peneliti, materi justru merata menjadi piringan tipis seperti pada lubang-lubang hitam yang luminositasnya 1.000 hingga 100.000 kali lipat.