Lubang Hitam dan 5 Foto Paling Fenomenal Lainnya di Dunia Astronomi

Kompas.com - 11/04/2019, 21:22 WIB
Foto pertama lubang hitam yang didapatkan lewat observasi dengan Event Horizon Telescope (EHT) EHTFoto pertama lubang hitam yang didapatkan lewat observasi dengan Event Horizon Telescope (EHT)

KOMPAS.com – Pada 10 April 2019, pukul 20.00 WIB (15.00 waktu Brussel), tim ilmuwan astronomi internasional dari Event Horizon Telescope (EHT) mengungkapkan foto asli dari lubang hitam dan bayangannya. Foto spektakular ini merupakan kali pertama dalam sejarah.

Namun, bukan kali ini saja eksplorasi manusia akan alam semesta ditangkap dalam foto. Berikut adalah lima foto paling fenomenal lainnya di dunia astronomi yang telah dihimpun Kompas.com dari berbagai sumber.

Earthrise, diambil 24 Desember 1968

EarthriseNASA Earthrise

Inilah salah satu foto Bumi yang paling ikonis dalam sejarah. Astronot NASA William Anderson mengambilnya dari wahana antariksa Apollo 11 ketika sedang mengorbit bulan. Alhasil, dalam foto ini Anda dapat melihat Bumi sekaligus sebagian permukaan Bulan.

Mengenai pemandangan ini, Neil Armstrong yang juga berada di Apollo 11 mengatakan, tiba-tiba aku sadar bahwa kacang kecil yang cantik dan biru itu adalah Bumi. Aku mengangkat ibu jariku dan menutup satu mata, dan jariku menutupi planet Bumi.

“Aku tidak merasa seperti raksasa. Aku merasa sangat, sangat kecil,” ujarnya, seperti dilansir dari dari The Guardian, Rabu (10/4/2019).

A Man on the Moon, diambil 21 Juli 1969

A Man on the MoonNASA A Man on the Moon

Kecilnya manusia semakin terlihat dalam salah satu foto yang paling terkenal pada abad ke-20 ini. Astronot Apollo 11 Buzz Aldrin tampak berdiri di permukaan bulan, lengkap dengan seragam yang melindunginya. Armstrong yang menjadi mengambil foto ini menggunakan kamera permukaan bulan 70mm terpantul kecil pada kaca helmnya.

Ketika foto ini diambil, Armstrong dan Aldrin sedang mengeksplorasi Mare Tranquillitatis selama 2,5 jam. Kru Apollo 11 lainnya, Michael Collins, mengorbit di atas bulan.

The Pale Blue Dot, diambil 14 Februari 1990.