Berkat Pemindaian, Ahli Temukan Gereja Kuno di Bawah Benteng Rusia

Kompas.com - 17/07/2019, 09:00 WIB
Gereja kuno yang dibangun pada 300 M terkubur di dalam benteng Naryn-Kala ini di Rusia. Gereja kuno yang dibangun pada 300 M terkubur di dalam benteng Naryn-Kala ini di Rusia.

KOMPAS.com - Para ahli baru saja memindai ruang bawah tanah misterius tepat di bawah benteng Naryn-Kala di Derbent, Rusia. Selama puluhan mungkin ratusan tahun, ruangan itu tertutup dan tak ada yang tahu apa isinya.

Dengan menggunakan pemindaian teknologi fisika nuklir yang dikenal dengan nama radiografi muon, tim akhirnya tahu bangunan rahasia di bawah benteng itu adalah salah satu gereja tertua di Rusia, kemungkinan besar berasal dari 300 Masehi. Gereja ini terkubur 400 tahun kemudian, ketika bangsa Arab menaklukkan Derbent.

Melansir Science Alert, Selasa (16/7/2019), radiografi muon berfungsi untuk melacak partikel subatomik bermuatan muon, dihasilkan ketika sinar kosmik berinteraksi dengan atmosfer Bumi. Dalam astrofisika, sinar kosmik adalah radiasi dari partikel bermuatan berenergi tinggi yang berasal dari luar atmosfer Bumi.