Arkeolog Temukan Bak Baptis Kuno Bersembunyi di Gereja Kelahiran Yesus

Kompas.com - 01/07/2019, 10:53 WIB
Bak baptis kuno ditemukan di gereja Betlehem, tempat kelahiran Yesus. Bak baptis kuno ditemukan di gereja Betlehem, tempat kelahiran Yesus.

KOMPAS.com - Gereja tua di kota Betlehem merupakan situs warisan dunia yang diyakini sebagai tempat kelahiran Yesus. Di tempat inilah para arkeolog menemukan bak baptis kuno yang bersembunyi di dalam bak baptis lain.

Dalam sebuah konferensi awal pekan ini, Ziad al-Bandak, kepala komite yang bertugas memperbaiki gereja Bethlehem mengumumkan  para arkeolog menemukan sebuah bak pembaptisan (baskom yang diisi air untuk ritual pembaptisan) dari abad ke-6 sampai ke-7 M yang tersembunyi di wadah baptisan lebih tua.

Baca juga: Manuskrip Terlarang Berisi Ajaran Rahasia Yesus Ditemukan, Apa Isinya?

Menurut al-Bandak, wadah baptisan yang baru ditemukan ini terbuat dari jenis batu yang sama dengan ruangan gereja. Ini berarti, umur wadah baptisan baru sama tuanya dengan umur gereja yang berasal dari abad ke-4 M.

Melansir Live Science, Jumat (28/6/2019), al-Bandak telah mengungdang pihak Kementerian Pariwisata dan Purbakala Palestina untuk mempelajari wadah baptis tersebut agar mendapat pemahaman lebih tentang sejarah gereja.

Gereja Kelahiran Yesus direnovasi sejak 2013 dan selama proyek ini berlangsung petugas telah menemukan beberapa hal menarik, termasuk mosaik malaikat Bizantium yang ditemukan ilmuwan Italia pada 2016.

Gereja yang sudah ada sejak 326 M itu awalnya berupa gua yang diyakini sebagai tempat kelahiran Yesus pada abad ke-2 M.

Selama renovasi berlangsung, gereja ini tetap dibuka bagi para peziarah dan wisatawan dari seluruh dunia.

Baca juga: 7 Hal tentang Yesus yang Tak Banyak Orang Ketahui

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X