Durasi Gerhana Bulan Sebagian pada Rabu Dini Hari, Ini Daftarnya...

Kompas.com - 16/07/2019, 09:02 WIB
Gerhana bulan sebagian di Sydney, Australia pada 27 Juli 2018. SAEED KHANGerhana bulan sebagian di Sydney, Australia pada 27 Juli 2018.

KOMPAS.com - Gerhana bulan terakhir tahun ini akan terjadi pada Rabu dini hari di Indonesia dengan durasi sekitar 2 jam 58 menit. Fenomena gerhana bulan bisa diamati dari Amerika Selatan, Eropa, Afrika, Asia dan Australia.

"Untuk Asia Tenggara, gerhana bisa dilihat dari sebagian besar Indonesia tapi dalam kondisi tak sempurna. Ini karena gerhana berlangsung saat Matahari dalam proses terbit," ujar Marufin Sudibyo kepada Kompas.com, Senin (15/7/2019).

Merujuk laman resmi BMKG, gerhana bulan sebagian akan dimulai pada pukul 3.01 WIB, puncaknya pukul 4.30 WIB, dan berakhir pada 6.00 WIB.

Baca juga: Saksikan Gerhana Bulan Kasatmata Terakhir Malam Ini, Takkan Terjadi hingga 2021

Waktu kejadian Gerhana Bulan Sebagian, Rabu 17 Juli 2019. Waktu kejadian Gerhana Bulan Sebagian, Rabu 17 Juli 2019.
Marufin menjelaskan, di dalam pengetahuan tentang gerhana ada yang disebut durasi gerhana dan durasi nampak gerhana.

Durasi gerhana adalah selang waktu dari saat gerhana dimulai (kontak awal penumbra/P1) hingga usai (kontak akhir penumbra/P4). Sementara durasi nampak gerhana adalah selang waktu dari saat gerhana yang kasatmata dimulai (U1) hingga saat gerhana kasatmata usai (U4)

"Awal saat kasatmata idealnya kontak awal umbra. Namun dalam kasus Matahari sedang siap terbit atau terbenam, maka acuannya waktu terbenam Bulan atau terbit Bulan," jelas Marufin

"Demikian halnya akhir kasatmata. Idealnya kontak akhir umbra tapi dalam praktiknya bisa waktu terbit atau terbenam Bulan pula," imbuh dia.

Dalam gerhana bulan sebagian Rabu ini, durasi gerhana adalah 5 jam 35 menit. Sementara durasi gerhana kasatmata ideal adalah 2 jam 58 menit.

Namun karena di Indonesia gerhana bulan sebagian terjadi saat matahari akan terbit, maka durasi gerhana bisa berbeda antara satu wilayah dengan lainnya

Sebagai contoh, Jakarta bisa mengalami durasi gerhana kasatmata yang ideal, yakni 2 jam 58 menit karena terbitnya Matahari baru akan terjadi pada pukul 06:05 WIB.

Namun kawasan di sebelah timur Indonesia, tidak seberuntung itu.

Kota Makassar misalnya, hanya mengalami gerhana dengan durasi gerhana kasatmata 2 jam 8 menit.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber BMKG
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X