Selain Plester Mulut, Ini 4 Kontroversi Andien soal Anak dan Kesehatan

Kompas.com - 12/07/2019, 19:32 WIB
Penyanyi jazz Andien ditemui dalam Pameran Warna-Warna di Dia.Lo.Gue Art Space, Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (28/8/2018). KOMPAS.com/ANDIKA ADITIAPenyanyi jazz Andien ditemui dalam Pameran Warna-Warna di Dia.Lo.Gue Art Space, Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (28/8/2018).

KOMPAS.com -  Menjadi penyanyi dan figur publik membuat Andien Aisyah mendapat sorotan masyarakat, termasuk kehidupan pribadi dan pola asuh anaknya.

Belakangan keluarga Andien disorot karena kebiasaan barunya memplester mulut selama tidur. Hal ini dilakukan untuk membiasakan diri bernapas dengan hidung selagi tidur.

Hal ini ramai dibicarakan dan menimbulkan perdebatan sendiri, baik oleh kaum awam maupun profesional.

Baca juga: Soal Tidur dengan Mulut Diplester seperti Andien, Apa Kata Ahli?

Selain plester mulut saat tidur, Andien sudah beberapa kali menuai kontroversi, terutama yang berhubungan dengan kesehatan dan pola asuh anak. Berikut beberapa kontroversi Andien yang kami rangkum:

1. Terapkan water birth dan lotus birth

7 Januari 2017 Andien melahirkan Anaku Askara Biru atau yang akrab disapa Kawa. Dalam proses persalinan, Andien memilih water birth alias melahirkan di dalam air hangat.

Kemudian, dia melakukan lotus birth yang saat itu belum banyak dikenal masyarakat luas. Lotus birth adalah membiarkan tali pusat tetap terhubung dengan plasenta selama beberapa hari.

Jadi kalau biasannya tali pusat segera dipotong, Andien memilih membiarkannya hingga puput dengan sendirinya.

Dalam keterangan potret Kawa yang terhubung dengan tali pusat di Instagram, Andien berharap cara ini dapat memperpanjang ketenangan Kawa seperti di dalam rahim.

"Kawa, my lotus baby bersama kakak plasentanya yang setia menemani selama 9 bulan di dalam rahim, hingga puput dengan sendirinya. In Kawa's case, it took 3 days," tulis Andien.

Meski begitu, dalam artikel Kompas.com yang terbit Desember 2017, Dr dr Ali Sungkar, SpOG-KFM menuturkan, metode water birth merupakan metode melahirkan alternatif yang tidak diajarkan di sekolah kedokteran.

Risiko water birth bisa membuat bayi tenggelam, dan tak ada jaminan bayi terhindar dari penularan infeksi lewat air. Risiko penularan infeksi juga mungkin terjadi bila orangtua menjalani lotus birth.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X