Para Ahli Kenang Sutopo: Teman Diskusi Hingga Inspirasi Perkuliahan

Kompas.com - 07/07/2019, 18:33 WIB
Daryono berfoto bersama dengan Sutopo Purwo Nugroho Instagram/@daryonobmkgDaryono berfoto bersama dengan Sutopo Purwo Nugroho

KOMPAS.com - Kabar meninggalnya Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho menyisakan duka bagi banyak orang. Tak terkecuali para ahli kebencanaan yang sering berhubungan dengan Sutopo.

Bagi banyak ahli kebencanaan, pak Topo, panggilan akrabnya, telah banyak menginspirasi terutama terkait komunikasi kebencanaan.

Kompas.com menghimpun beberapa kesan dan kenangan tentang Pak Topo dari beberapa ahli kebencanaan.

Baca juga: Belajar dari Kasus Sutopo, Adakah Beda Batuk Kanker Paru dengan Lainnya?

Daryono (BMKG)

Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG ini merupakan salah satu kolega akran Sutopo. Perkenalan mereka bermula saat terjadinya gempa M 7,3 di Jawa Barat pada 2009 silam.

"Kami sama-sama melakukan survei kerusakan dampak gempa. Saat itu saya mewakili Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Pusat Studi Bencana PSBA UGM, karena saat itu saya sedang menempuh Studi Program Doktor di UGM," ujar Daryono.

Saat itu, Sutopo mewakili Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

"Dari percakapan singkat saya dengan Beliau di lokasi gempa, saya sudah menangkap bahwa beliau sangat menguasai konsep manajemen bencana," kenang Daryono.

"Satu hal yang sangat saya suka dari beliau adalah Pak Sutopo sangat humoris dan selalu menggunakan bahasa sederhana yang mudah dipahami saat menjelaskan hal rumit," sambungnya.

Pasca survei tersebut, Daryono dan Sutopo sering bertemu ketika keduanya diundang menjadi narasumber. Hal ini membuat Daryono menjadi akrab dengan Sutopo.

"Bagi saya Pak Topo adalah mentor yang cemerlang dan sangat menginspirasi," tegas Daryono.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X