Ajarkan Anak Autistik Gambar Tubuh untuk Sadari Orang Lain

Kompas.com - 06/07/2019, 20:10 WIB
Anak autistik Anfield Wibowo (15) tengah melukis di Bentara Budaya Jakarta, Jakarta Pusat, Sabtu (6/7/2019). KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFARAnak autistik Anfield Wibowo (15) tengah melukis di Bentara Budaya Jakarta, Jakarta Pusat, Sabtu (6/7/2019).

KOMPAS.com - Cuek seperti punya dunia sendiri kerap kali jadi ciri anak autistik. Namun ada terapi yang bisa dijalani untuk mengurangi kecenderungan itu.

Psikolog Maria Novitawati, M.Psi. mengatakan seni menggambar atau melukis bisa jadi terapi yang baik untuk menyadarkan anak autistik soal dunia di luar dirinya. Caranya, dengan mengajarkan anak menggambar tubuh atau orang.

"Penting anak diberi dorongan untuk menggambar orang. Karena itu untuk menyadari dia, manusia itu ada, orang lain itu ada dan ada yang seperti di keliling saya," kata Maria dalam diskusi Peranan "Art Therapy" dalam Perkembangan Individu Autistik untuk Mengekspresikan Dirinya di Bentara Budaya Jakarta, Sabtu (6/7/2019).

Menurut Maria, menggambar tubuh atau menggambar apapun akan terus bermanfaat bahkan ketika anak autistik tumbuh dewasa. Melukis bisa jadi medium mengungkapkan keresahan anak autistik.

Baca juga: Khasiat Melukis bagi Anak Autis, Ruang Ekspresi Hingga Kurangi Tantrum

"Kita tahu kalau masa remaja, anak-anak puber. Saat puber terjadi perubahan bentuk tubuh, dorongan seksual tampak meningkat. Kecemasan tampak juga. Art therapy bisa jadi itu. Dia mengekspresikan maksudnya," ujar Maria.

Hal yang sama diungkapkan Donny Mardonius, orangtua dari Anfield Wibowo, pelukis usia 15 tahun yang tunarungu dan punya asperger syndrome. Donny mengatakan sudah mengajarkan anaknya untuk menggambar tubuh.

"Dari usia lima tahun saya kenalkan wanita telanjang, cewe, cowo, kalau badan cowo, dia tahu karena mandi, kalau cewe ya dia baru tahu mungkin menerka-nerka tubuh ibunya," kata Donny.

Donny mengatakan sejak belajar melukis, Anfield kini jauh lebih tenang dan mengendalikan diri karena bisa mengekspresikan dirinya lewat lukisan.

Baca juga: Perjalanan Kadek Arimbawa Mengobati Kecemasan Diri lewat Seni

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X