Anjing dan Agama, 2 Hal yang Berkaitan Erat Sejak Peradaban Kuno

Kompas.com - 03/07/2019, 12:47 WIB
Ilustrasi anjing dan pria Ilustrasi anjing dan pria

KOMPAS.com - Anjing dan agama merupakan dua topik berbeda, yang tanpa disadari saling berkaitan. Bukan hanya saat ini saja, tapi sudah terjalin sejak peradaban kuno.

Sejarah mencatat, beberapa budaya dan ritual keagamaan dari berbagai negara menampilkan hubungan erat antara anjing dan manusia dari berbagai belahan dunia mulai dari Mesir hingga China. Berikut penjelasannya seperti dilansir dogoday.com.

Mesir

Jika berbicara hewan paling identik di Mesir, mungkin kita akan menjawab kucing. Namun jangan salah, orang-orang Mesir kuno juga memiliki dewa anjing dari dunia bawah yang bernama Anubis.

Baca juga: Mengenal Skizofrenia Paranoid yang Dialami Wanita Pembawa Anjing Masuk Masjid

Sebagai penghormatan pada Anubis, ketika ada anjing meninggal maka seluruh anggota keluarga pemilik anjing itu akan mencukur rambut. Ini tak lain sebagai perwujudan cinta terhadap anjing.

Selain itu, para arkeolog juga kerap menemukan anjing yang dimumifikasi. Para ahli meyakini ini adalah bukti manusia ingin menjalin hubungan dengan anjing sampai di akhirat.

Yunani

Selain Mesir, bangsa Romawi juga menyembah Anubis. Mereka kerap mengorbankan anjing sebagai persembahan untuk dewa Anubis.

Salah satu epos atau karya sastra tradisional Yunani yang paling terkenal berjudul Odyssey karya Homerus, menceritakan kisah petualangan para pahlawan Yunani yang licik dan rumit. Di dalamnya juga ditampilkan kisah tentang anjing.

Mirip dengan orang Mesir, para arkeolog juga menemukan tulang anjing dalam satu kuburan dengan pemiliknya.

Meksiko

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X