Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Suhu Panas Timur Tengah Berkaitan dengan Suhu Dingin Dieng?

Kompas.com - 01/07/2019, 16:32 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis


KOMPAS.com - Kejadian gelombang panas dan suhu tinggi di wilaya Iraq, Kuwait dan Arab tidak adanya kaitannya dengan kejadian embun beku dan suhu dingin di Dieng dan Bromo.

"Fenomena embun beku dan suhu dingin di wilayah Dieng dan Bromo lebih disebabkan oleh variasi musiman suhu di periode musim kemarau yang dipengaruhi angin monsun Australia serta topografi wilayah tersebut," jelas BMKG.

Pada periode musim kemarau, kurangnya tutupan awan menyebabkan radiasi balik gelombang panjang pada saat malam hari semakin kuat dan lebih banyak dilepas langsung ke atmosfer.

Baca juga: BMKG: Suhu Panas Timur Tengah Tidak Berimbas di Wilayah Indonesia

Akibatnya, permukaan tanah dan atmosfer bagian bawah lebih cepat mendingin, bahkan hingga dibawah titik beku nol derajat yang menciptakan fenomena embun beku.

Selain itu, faktor elevasi atau ketinggian tempat menentukan suhu di tempat tersebut.

Daerah yang berada di dataran tinggi memiliki suhu lebih dingin dibandingkan daerah di dataran rendah.

Suhu akan menurun sebesar 0.65 derajat Celsius setiap kenaikan elevasi sebesar 100 meter.

Oleh karena itu sejumlah daerah yang berada di dataran tinggi seperti Dieng, Jawa Tengah yang terletak pada ketinggian 2.093 meter dapat mencapai suhu yang sangat dingin bahkan hingga di bawah 0 derajat Celsius.

Dampak musim kemarau menyebabkan suhu relatif dingin pada malam hari di wilayah Indonesia bagian selatan yang disebabkan oleh hembusan Angin Monsun Austraia yang membawa massa udara kering dan dingin.

Baca juga: Berada di Daerah Tropis, Kok Suhu Dieng Bisa Minus Derajat?

Berdasarkan pengamatan Suhu Minimum Harian oleh Stasiun Observasi BMKG menunjukkan wilayah Ruteng (Satarcik) dan Malang (Tretes) masih mencatat keadaan suhu paling dingin dalam beberapa hari terakhir.

Pencatatan suhu minimum menunjukkan 10,4 derajat Celsius di Tretes dan 13,8 derajat Celsius di Bandara Frans Sales Lega, Ruteng per 27 Juni 2019.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com