Gambar Viral Bikin Netizen Bergidik, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Kompas.com - 10/06/2019, 20:06 WIB
Gambar burung pelatuk yang bikin netizen jijik William Leaman/AlamyGambar burung pelatuk yang bikin netizen jijik

KOMPAS.com – Bagi sebagian orang, gambar seekor burung burung pelatuk yang sedang menyimpan biji pohon ini biasa saja. Namun, bagi sebagian orang lainnya, gambar ini sangat menjijikkan atau menakutkan.

Diunggah oleh akun @41Strange di Twitter, gambar ini menimbulkan rasa jijik bagi para netizen yang berkomentar. Mereka menulis bahwa yang membuat jijik bukanlah burung atau biji pohon, tetapi lubang-lubang tempat biji disimpan.

Rasa jijik atau ketakutan terhadap pola lubang atau benjolan yang berkumpul secara reguler ini disebut trypophobia. Istilah tersebut pertama kali diciptakan oleh internet pada 2005, tetapi menurut para pakar, kondisinya telah ada sejak dahulu kala.

Dilansir dari artikel Live Science, Jumat (7/6/2019); psikolog dari University of Essex, Arnold Wilkins, menjelaskan bahwa meskipun Istilah “trypophobia” baru diciptakan oleh internet pada 2005, tetapi kondisinya telah ada jauh sebelum internet ada.

Baca juga: 15 Persen Manusia Jijik akan Foto Ini, Sains Menjelaskannya

Ketika melihat gambar-gambar pemicu trypophobia, sekitar 10 persen orang bisa mengalami rasa cemas, mual dan sensasi gatal. Bahkan, Wilkins berkata bahwa beberapa orang bisa terganggu kehidupannya karena kondisi ini.

Akan tetapi, ketakutan ini bukan fobia resmi atau tidak terdaftar dalam Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders.

Penyebab trypophobia

Mengenai penyebabnya, para pakar meyakini bahwa trypophobia bersifat adaptif evolusioner, di mana manusia secara alamiah menghindari hal-hal yang dapat membahayakan dirinya.

Dalam studi mengenai trypophobia pertama yang dipublikasikan dalam Psychological Science oleh Wilkins dan kolega, misalnya.

Para peneliti menemukan gambar-gambar pemicu kondisi ini memiliki distribusi bintik, bentol atau lubang yang sama dengan hewan-hewan yang beracun, seperti gurita bercincin biru. Gambar-gambar ini juga memiliki tingkat kontras yang sama dengan hewan-hewan tersebut.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X