Tak Cuma Orang Gemuk, Kolesterol Tinggi Juga Dialami Si Badan Kurus

Kompas.com - 22/06/2019, 12:56 WIB
Ilustrasi pria kurus NastcoIlustrasi pria kurus

KOMPAS.com – Istilah kolesterol sudah tidak asing lagi di telinga kita.

Kolestrol dipandang sebagai sesuatu yang berbahaya dan perlu dihindari sebisa mungkin. Berbagai macam pantangan yang dianjurkan, tak lain untuk mengurangi risiko peningkatan kolesterol.

Namun kolesterol selalu dikaitkan dengan lemak. Hanya orang gemuk yang berisiko mengalami penumpukan kolesterol, sedangkan orang yang kurus dan tidak memiliki kelebihan berat badan akan relatif aman dari bahaya kolesterol.

Namun, apakah anggapan tersebut benar adanya?

Baca juga: 6 Tanda Gula Darah Anda Tinggi, Meski Bukan Penderita Diabetes

Pengertian dan jenis kolesterol

Kolesterol adalah salah satu jenis lipid, senyawa yang tidak larut dalam air dan terdiri dari rantai hidrokarbon panjang, sifatnya mirip lemak. Kolesterol dibutuhkan bagi tubuh khususnya untuk menyusun membran sel.

Keberadaan kolesterol di dalam tubuh berasal dari dua sumber, yaitu diproduksi oleh tubuh kita sendiri, dan juga dapat diperoleh dari makanan yang kita konsumsi.

Sebenarnya, tingginya kadar kolesterol dalam tubuh bukan berasal dari konsumsi makanan berkolesterol tinggi, melainkan karena memakan makanan yang banyak mengandung lemak jenuh, seperti minyak, lemak, gorengan, margarin, kue kering, dan lain sebagainya.

Di dalam tubuh, lemak jenuh ini akan diubah menjadi kolesterol. Kolesterol dalam tubuh akan dibungkus dan diangkut oleh gelembung bola yang tersusun dari molekul protein.

Terdapat dua jenis kolesterol dalam tubuh.

Pertama, high density lipoprotein (HDL) atau disebut pula kolesterol baik. HDL memiliki komposisi protein lebih banyak dibanding kolesterol.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X