6 Tanda Gula Darah Anda Tinggi, Meski Bukan Penderita Diabetes

Kompas.com - 20/06/2019, 17:23 WIB
Ilustrasi lelah SIphotographyIlustrasi lelah

KOMPAS.com - Saat mendengar gula darah tinggi, mungkin Anda akan segera membayangkan orang yang didiagnosis diabetes dan membutuhkan insulin untuk menjaga tubuh tetap seimbang.

Namun, gula darah tinggi atau hiperglikemia juga bisa memengaruhi orang tanpa diabetes.

Jika hal ini diabaikan dan tidak diobati, atau Anda tidak tahu sedang mengalami gula darah tinggi, maka akan terjadi kerusakan pada saraf, ginjal, mata, atau memicu penyakit jantung.

Baca juga: Yang Terjadi pada Tubuh akibat Gula Darah Tinggi

Gula darah tinggi terjadi saat tubuh tidak memproduksi atau menggunakan cukup banyak insulin yang membantu mengubah makanan menjadi energi.

Akibatnya, seseorang akan merasa lelah sepanjang waktu, merasa haus, pandangan kabur, dan lainnya.

Menurut Mayo Clinic, gejala tersebut tidak langsung muncul dan dapat berlangsung berhari-hari sampai berminggu-minggu ketika kadar gula darah seseorang terus meningkat.

Penyebab gula darah tinggi selain karena diabetes tipe 1 dan tipe 2, antara lain memiliki infeksi, pasif atau kurang bergerak, stres, dan makan terlalu banyak karbohidrat.

Orang-orang dengan cystic fibrosis juga berisiko mengembangkan gula darah tinggi.

Cystic fibrosis atau fibrosis kistik adalah penyakit genetika yang menyebabkan lendir-lendir di dalam tubuh menjadi kental dan lengket, sehingga menyumbat berbagai saluran, terutama saluran pernapasan dan pencernaan.

Agar dapat didiagnosis memiliki gula darah tinggi, kita perlu melakukan tes darah yang bisa menguji apakah kadar glukosa tubuh terlalu tinggi.

Melansir Insider, segera kunjungi dokter apabila Anda merasakan salah satu dari enam tanda ini:

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Insider
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X